Menyiapkan Dekorasi Idul Fitri yang Simpel dan Minimalis

AURA Minggu, 2 Mei 2021 08:00:53
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Walaupun situasi pandemi, dan kemungkinan acara open house digelar terbatas, pada Hari Raya Idul Fitri, tentu Anda ingin membuat suasana rumah tetap menyenangkan.

Desainer interior Brian Karno Jan pernah membagi beberapa kiat dalam mendekorasi rumah untuk hari yang fitri ini.

Dekorasi rumah yang trennya semakin ke belakang semakin simpel dan minimalis tepat diaplikasikan untuk Lebaran ini. Menyesuaikan dengan tren itu, hiasan dekoratif yang diperlukan pun sederhana saja bahkan tidak ada salahnya berupa buatan sendiri. 

Gaya Simpel dan Modern 

{img}src="http://media.mbigroup.co.id/files/large/a4653243ddd4f19d1f3fe5ce88f502d4.jpg"|caption="dok.

Dalam dekorasi rumah, gaya desain simpel dan bersih masih disukai.

“Seperti gaya modern minimalis, modern kontemporer, atau pun Skandinavia,” Brian mencontohkan. Menurutnya, gaya desain ini cocok untuk menyambut Idul Fitri.

“Karena saat Lebaran, banyak teman dan kerabat yang berkunjung ke rumah, sehingga rumah harus terlihat rapi, bersih, dan lega,” jelas Brian. 

Pemilihan warna ruangan juga berperan untuk semakin menghidupkan suasana Hari Raya.

“Penggunaan warna dengan tone terang dan kalem, seperti hijau, oranye, kuning, dan biru memberi kesan lebih fresh dan ceria. Warna putih juga dapat digunakan untuk memberi kesan lega dalam ruangan, sekaligus menjadi simbol semangat Lebaran, yakni terlahir kembali dan bersih,” bebernya. “Warna-warna ini dapat diterapkan pada cat dinding, karpet, maupun hiasan dekoratif, seperti pot, bantal, dan lukisan,” tambah Brian. 

Perhatikan Ruang Makan 

{img}src="http://media.mbigroup.co.id/files/large/774df053101d32dff3b08f099f7bc016.jpg"|caption="

Berkumpul bersama sanak saudara, menikmati hidangan yang lezat salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Untuk itu, Anda harus memperhatikan ruang makan Anda. Apalagi, selama Idul Fitri biasanya keluarga banyak berkumpul di ruang makan. Jangan khawatir, selain mencermati kebersihan dan keapikannya, menghias ruang makan mudah saja.

“Pot bunga dapat digunakan untuk mendekorasi ruang makan. Dengan meletakkan pot bunga di meja makan, area makan akan lebih segar dan selera makan pun akan meningkat,” saran Brian. 

Anda juga dapat menambahkan benda dekoratif lain seperti cermin dan stoples-stoples cantik.

“Cermin ditempatkan di area ruang makan agar ruangan ini terlihat lebih luas. Lalu, gunakanlah stoples yang berbahan transparan untuk menempatkan kue kering, untuk memudahkan tamu memilih makanan,” jelas desainer interior yang juga pendiri Mendekor, yang bergerak di bidang furnitur dan aksesori dekorasi interior. 

Aksesori Buatan Sendiri 

{img}src="http://media.mbigroup.co.id/files/large/9eaa5793614a5707c122a7cc1c0ccf2d.jpg"|caption="

Anda tidak harus membeli hiasan dekoratif yang baru. Bila Anda bisa membuatnya sendiri, mengapa tidak? Selain hemat, juga memuaskan mempercantik rumah dengan karya sendiri.

“Aksesori ketupat khas Lebaran buatan sendiri dapat menjadi alternatif untuk menghias rumah. Selain relatif lebih murah, hasil karya sendiri tentu memberikan sentuhan berbeda,” jelas Brian. 

Dalam membuat ketupat, Anda bisa mengganti bahannya, tidak harus menggunakan daun yang mudah layu.

“Penggunaan material yang terlihat lebih modern seperti pita berwarna dapat menjadi pilihan,” tambahnya.

Aksesori ini cocok diletakkan di area masuk, ruang tamu, juga ruang makan.

Selamat mencoba!


Penulis AURA
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore