5 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda Agar Tak Mudah Terpapar Virus

Redaksi Kamis, 29 Juli 2021 18:30:37
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak suplemen dan produk yang mengklaim bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tapi, meningkatkan sistem kekebalan sebenarnya jauh lebih sulit untuk dicapai daripada yang Anda kira.

Sistem kekebalan tubuh kita sangat kompleks. Dan harus cukup kuat dan canggih untuk melawan berbagai penyakit dan infeksi, tapi tidak terlalu kuat sehingga bereaksi berlebihan yang tidak perlu — menyebabkan alergi dan gangguan autoimun lain berkembang. Untuk beroperasi dalam keseimbangan yang begitu halus, sistem kekebalan tubuh dikontrol dengan ketat oleh berbagai input.

Dikutip dari houstonmethodist.org, berikut lima cara untuk memastikan sistem kekebalan Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk berfungsi secara optimal.

Jaga pola makan sehat

Diet sehat adalah kunci untuk sistem kekebalan yang kuat. Ini berarti memastikan Anda makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, protein tanpa lemak dan lemak sehat.

Selain memberikan energi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, diet sehat dapat membantu memastikan Anda mendapatkan jumlah yang cukup dari zat gizi mikro yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Para ahli percaya bahwa tubuh Anda menyerap vitamin lebih efisien dari sumber makanan, daripada suplemen, cara terbaik untuk mendukung sistem kekebalan Anda adalah makan makanan yang seimbang.

Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik tidak hanya untuk membangun otot dan membantu diri Anda sendiri menghilangkan stres, juga merupakan bagian penting dari menjadi sehat dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Salah satu cara olahraga dapat meningkatkan fungsi kekebalan adalah dengan meningkatkan sirkulasi Anda secara keseluruhan, membuatnya lebih mudah bagi sel-sel kekebalan dan molekul penangkal infeksi lain untuk bergerak lebih mudah ke seluruh tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan olahraga ringan hingga berat selama 30 menit setiap hari membantu merangsang sistem kekebalan Anda. Ini berarti penting untuk fokus untuk tetap aktif dan berolahraga secara teratur.

Banyak minum air putih

Air memainkan banyak peran penting dalam tubuh, termasuk mendukung sistem kekebalan Anda. Cairan dalam sistem peredaran darah Anda yang disebut getah bening, yang membawa sel-sel kekebalan penangkal infeksi yang penting di sekitar tubuh Anda, sebagian besar terdiri dari air. Dehidrasi memperlambat pergerakan getah bening, kadang-kadang menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Tidur yang cukup

Tidur tentu saja tidak terasa seperti proses aktif, tapi ada banyak aktivitas penting yang terjadi di tubuh Anda saat Anda tidak bangun — bahkan jika Anda tidak menyadarinya. Misalnya, molekul penangkal infeksi yang penting dibuat saat Anda tidur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup lebih rentan sakit setelah terpapar virus, seperti virus yang menyebabkan flu biasa. 

Minimalkan stres

Entah itu datang dengan cepat atau bertambah seiring waktu, penting untuk memahami bagaimana stres memengaruhi kesehatan Anda, termasuk dampaknya terhadap sistem kekebalan Anda. Selama periode stres, terutama stres kronis yang sering terjadi dan berlangsung lama, tubuh Anda merespons dengan memulai respons stres. Respons stres ini, pada gilirannya, menekan sistem kekebalan Anda, meningkatkan kemungkinan infeksi atau penyakit.

Mengingat efeknya pada kesehatan Anda, penting untuk mengetahui cara mengidentifikasi stres. Dan, apakah itu pernapasan dalam, meditasi, doa atau olahraga, Anda juga harus membiasakan diri dengan kegiatan yang membantu Anda mengurangi stres.

Satu lagi, suplemen

Hal pertama yang pertama, tidak ada bukti bahwa suplemen benar-benar membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda atau peluang Anda untuk melawan infeksi atau penyakit. Selain itu, tidak seperti obat-obatan, suplemen tidak diatur atau disetujui oleh FDA. Misalnya, jika Anda berpikir vitamin C dalam dosis besar dapat membantu Anda terhindar dari penyakit, pikirkan lagi.

Jika Anda mencari cara untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda, pertimbangkan untuk mengikuti kebiasaan gaya hidup di atas, daripada mengandalkan klaim pada label.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore