Susu Kambing Formula Bantu Pertumbuhan Berat Badan dan Kesehatan Pencernaan Anak

Redaksi Rabu, 22 Desember 2021 04:30:53
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Seperti diketahui, tidak semua anak bisa minum susu sapi, namun di satu sisi ibu-ibu di Indonesia percaya bahwa asupan protein hewani tetap lebih baik dan dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak.

Menjawab kebutuhan tersebut, Orient EuroPharma Group (OEP), perusahaan farmasi yang berpusat di Taipei, Taiwan menghadirkan Karihome susu kambing formula untuk anak pertama di Indonesia.

Di tengah dominansi pasar susu sapi, Karihome hadir menawarkan product value yang berbeda, yakni pemanfaatan nutrisi alami susu kambing sebagai bahan dasar susu formula. Produksi susu Karihome dilakukan 100 persen oleh mitra usaha OEP sejak 30 tahun yang lalu, yakni Dairy Goat Co-operative (DGC) di Hamilton, New Zealand.

Menurut Yohanes Peter Wijaya, Direktur OEP Indonesia, formula Karihome dikembangkan dari hasil-hasil penelitian selama puluhan tahun oleh DGC. Karihome adalah merek susu kambing formula pertama yang mendapatkan persetujuan dari European Food Safety Authority (EFSA).

“Karena setelah dikaji lebih dalam melalui penelitian uji klinis, susu kambing formula terbukti dapat menunjang pertumbuhan berat badan anak secara normal dan kandungan seratnya baik untuk kesehatan pencernaan anak-anak,” ujar Peter.

Susu kambing memiliki perbedaan dari susu sapi dalam hal komposisi nutrisinya. Protein susu kambing dominan jenis A2 beta casein yang lebih halus dan lebih mudah dicerna, sedangkan susu sapi pada umumnya lebih banyak alfa casein yang lebih sulit dicerna.

Selain itu, proses sekresi atau keluarnya susu kambing ternyata mirip dengan ASI, yakni melalui mekanisme sekresi apokrin di mana zat-zat bioaktif yang bermanfaat ikut terbawa keluar. Salah satu zat bioaktif tersebut adalah Nukleotida yang dapat mendukung pembentukan respons imun alami anak.

Konsumsi susu kambing formula sebetulnya tidak asing di luar negeri. Sebut saja di Malaysia, Singapura, Taiwan, China, dan Hong Kong, merek Karihome banyak diminati dan telah memimpin pasar dalam kategori susu kambing formula.

"Karihome sudah dikenal oleh sebagian besar ibu-ibu di segmen atas. Mereka yang sudah pernah mencoba membeli dari luar pasti sudah tahu kualitasnya. Kini Karihome hadir di Indonesia untuk mendukung para ibu yang menginginkan nutrisi lebih alami untuk tumbuh kembang si Kecil. Karihome percaya bahwa ASI adalah yang terbaik, sehingga produk susu kambing formula Karihome diformulasikan mengacu pada ASI sebagai gold standard,” sambung Peter.

Dalam acara peluncuran Karihome yang dilakukan secara virtual, Keith Arnold, Farm Shareholder Service Manager DGC, memaparkan bahwa sebagai negara peternakan yang alami, pemerintah New Zealand mempunyai standard yang ketat tentang kesejahteraan hewan. DGC sendiri menerapkan kode praktis peternakan yang lebih ketat dari itu, bahkan sudah menjadi patokan standard kelas dunia.

"Susu kambing diperah di peternakan dan langsung dibawa ke pabrik dengan truk khusus yang dilapisi insulator untuk menjaga kestabilan suhu susu selama perjalanan. Tujuannya agar kualitas nutrisi alami di dalam susu tetap terjaga dengan baik.” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Ipu Hapi, Manufacturing General Manager dari Dairy Goat Co-operative, New Zealand mengemukakan bahwa proses produksi Karihome menggunakan susu kambing utuh dan melalui proses yang lebih sederhana dengan hanya 1x pemanasan suhu tinggi untuk menjaga nutrisi alaminya.

Ipu juga menjelaskan bahwa seluruh proses mulai dari pemerahan hingga pengemasan dikelola di satu tempat yang sama untuk memastikan keamanan dan kualitas produk hingga ke tangan konsumen.

Acara peluncuran vitual susu Karihome ini juga dimeriahkan dengan sesi talkshow interaktif bertajuk Winning Weaning Talk, di mana ibu-ibu yang hadir sangat antusias berkonsultasi dengan dr. Margareta Komalasari, SpA seputar menyapih si Kecil tanpa drama.

Dokter anak yang akrab disapa dr. Atha ini juga sepakat bahwa anak yang telah disapih dari ASI perlu diperhatikan asupan nutrisinya melalui makanan yang bergizi serta susu formula yang alami dan berkualitas.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore