5 Tips Meningkatkan Interaksi Pelanggan melalui WhatsApp

Redaksi | 24 September 2022 | 03:30 WIB

Ada berbagai aspek penting yang perlu diperhatikan dalam berbisnis, salah satunya customer engagement, yakni interaksi pelanggan dengan merek bisnis. Melalui interaksi tersebut, bisnis dapat memiliki wawasan penting terkait pelanggan dan kebutuhan mereka.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan customer engagement. Misalnya dengan memanfaatkan WhatsApp dengan sebaik mungkin.

WhatsApp merupakan aplikasi messaging yang populer di berbagai kalangan masyarakat. Artinya, WhatsApp bisa menjadi jembatan yang tepat untuk menghubungkan interaksi antara bisnis dengan pelanggan.

Berikut beberapa tips meningkatkan customer engagement melalui WhatsApp :

1. Bangun brand voice yang kuat

Membangun brand voice yang tepat dan kuat. Brand voice merupakan gaya bicara yang digunakan bisnis untuk menggambarkan keunikan atau ciri khas brand. Cara ini dapat membuat bisnis Anda berbeda dengan merek bisnis lainnya. Selain itu, juga dapat mempersonifikasikan merek, sehingga dapat dihubungkan dan diingat oleh pelanggannya.

2. Bagikan brand voice

Membangun brand voice saja tidak cukup apabila tidak ada orang yang mengetahuinya. Oleh sebab itu, Anda perlu membagikan kepada pelanggan dan target pasar dengan tepat. Anda dapat menggunakan blast WhatsApp untuk membagikan brand voice ke pelanggan secara mudah dan tepat. Sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

3. Berikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi

Memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Dalam hal ini, WhatsApp memiliki peranan penting untuk membantu memberikan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Anda dapat memanfaatkan WA blast untuk mengirimkan pesan yang dipersonalisasi, seperti mencantumkan nama pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan memiliki pengalaman yang berkesan.

4. Buat konten berdasarkan riwayat pelanggan

Anda dapat menggunakan aplikasi WA blast untuk mengirimkan pesan berisi survei CSAT guna mengetahui umpan balik pelanggan. Kemudian, buat dan bagikan konten berdasarkan hasil survei, informasi, dan riwayat pelanggan yang telah Anda miliki. Misalnya seperti memberikan informasi yang menarik terkait minat dan kesukaan pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat membuat sesi tanya jawab untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda.

5. Lakukan relationship marketing 

Anda dapat menggunakan relationship marketing atau pemasaran relasional untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda. Manfaatkan fitur-fitur WhatsApp Business API untuk memaksimalkan relationship marketing bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak hanya menghasilkan customer engagement yang tinggi, tetapi juga memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Anda bisa mendapatkan whatsapp API di Business Solution Provider (BSP) resmi seperti Mekari Qontak yang menyediakan berbagai solusi lain yang dapat mempercepat dan meningkatkan bisnis Anda.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait