Demi Hormati William, Permaisuri Camilla Tak Pakai Aksesori Ini di Acara Penobatan Charles

Binsar Hutapea | 31 Maret 2023 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Permaisuri Camilla bakal mendobrak sejumlah tradisi Kerajaan Inggris di acara penobatan Raja Charles pada 6 Mei mendatang demi Pangeran William.

Menurut express.co.uk, Camilla mungkin tak akan menggunakan tongkat gading tradisional dalam acara tersebut. Hal itu dilakukan mengingat Pangeran William adalah pecinta gajah dan merupakan pegiat konservasi gajah yang gigih. Ayah tiga anak itu juga sangat menentang perdagangan gading gajah.

Misalnya, pada musim panas lalu, ketika pengadilan Amerika Serikat memvonis Moazu Kromah atas konspirasi memperdagangkan gading gajah dan cula badak senilai jutaan dolar, Pangeran William secara terbuka mengungkap kegembiraannya dan memuji putusan pengadilan tersebut.

Keluarga Kerajaan Inggris. (Instagram)

Selama berabad-abad, setiap Permaisuri Inggris memegang tongkat gading tradisional di acara penobatan. Adapun tongkat itu dibuat untuk Mary of Modena, Permaisuri Raja James II.  Tongkat tersebut memiliki panjang 92 cm dan seluruhnya terbuat dari gading. Di bagian atas terdapat hiasan burung merpati putih yang melambangkan Roh Kudus dalam tradisi Kristen. 

Selain tak menggunakan tongkat gading, Camilla juga telah memutuskan tidak akan mengenakan mahkota yang menampilkan berlian Koh-i-Noor yang terkenal, karena dianggap menjadi simbol kolonialisme Inggris dan kemungkinan besar akan memicu kontroversi jika dikenakan oleh Permaisuri pada acara penobatan. Sebagai gantinya, Camilla akan mengenakan mahkota Queen Mary yang telah disesuaikan dengan Camilla. Dia memilih untuk memodifikasi mahkota yang ada daripada membuat yang baru agar selaras dengan nilai-nilai lingkungan Raja Charles.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait