TABLOIDBINTANG.COM -  Ajang pencarian bakat di TV telah melahirkan banyak musisi bertalenta tinggi. American Idol misalnya, melahirkan sejumlah seniman yang kredibilitasnya diakui juri Grammy Awards. Bahkan, Jennifer Hudson menyabet Piala Oscar lewat film musikal Dreamgirls (2006). Di Tanah Air, Indonesian Idol melahirkan nama-nama besar seperti Judika, Citra Scholastika, dan Delon (38).

Nama yang disebut terakhir tak hanya dikenal sebagai penyanyi. Bersama Rachel Maryam, alumni Indonesian Idol musim pertama ini membintangi film Vina Bilang Cinta. “Itu pengalaman tidak terlupakan. Sampai kapan pun, Indonesian Idol menjadi bagian karier saya dan menjadi almamater yang membanggakan,” ungkap Delon di Jakarta Selatan, pengujung tahun lalu.

Jawara dan runner up “Idol” mendapat hadiah rekaman album perdana. Selanjutnya, mereka merintis karier dan menghasilkan banyak album berkelas. Delon kemudian merekomendasikan empat album alumni “Idol” terbaik disertai alasan kuat. Adakah salah satunya favorit Anda?

Baca juga

1. Kelly Clarkson: Breakaway (2004)
Keytrack: “Since U Been Gone”
Inilah album Kelly Clarkson paling “berbahaya” dalam sejarah musik dunia. Breakaway memfiturkan “Since U Been Gone”, sebuah komposisi up-beat rock bercampur pop dengan susunan nada menukik. Lagu ini menguji kemampuan penyanyinya dalam meniti nada-nada tinggi dan Kelly mampu menaklukkannya.
Lewat nomor ini pula, Kelly meraih Grammy Award untuk Penyanyi Pop Wanita Terbaik. “Since U Been Gone” bertengger di posisi 2 Billboard Hot 100. Enam tahun kemudian lagu ini dinobatkan sebagai salah satu dari 500 lagu terbaik sepanjang sejarah versi Rolling Stone Amerika. “Sangat sulit untuk tidak menyebut Breakaway saat membahas album favorit dari alumni Idol. Ini album autentik dari idola Amerika sejati,” Delon berkomentar.

2. Adam Lambert: Trespassing (2012)
Keytrack: “Better Than I Know My Self”
Aksi Adam Lambert kombinasi dari kejernihan vokal dan aksi panggung yang berkarakter. Sebagian aksi panggung Adam memang kontroversial. Meski demikian, itu menjadi bagian dari riwayat karier yang akan selalu diingat oleh penikmat musik dunia. Trespassing, album kedua sekaligus pembuktian eksistensinya sebagai seniman kelas dunia. Dan “Better Than I Know My Self” dalam pandangan Delon, menjadi signature yang melekat kepada Adam.

3. Clay Aiken: Measure of A Man (2003)
Keytrack: “Invisible”
Kami teringat, dalam babak grand final Indonesian Idol, Delon ditantang juri membawakan “Invisible” milik Clay Aiken. Salah satu juri, Muthia Kasim kala itu mengatakan, “Mengapa kamu membawakan lagu ini? Karena kamu juara dua.” Beberapa menit kemudian ia minta maaf atas pernyataannya itu. Delon tidak tersinggung. “Momen itu justru menguatkan ikatan emosi saya terhadap lagu ini. Sejak itu 'Invisible' menjadi favorit saya,” kesannya.

4. Delon: Bahagiaku (2004)
Keytrack: “Merindumu”
Bukan. Bukan karena ini debutnya, maka Delon merekomendasikan album Bahagiaku untuk Anda. Sejarah mencatat, album yang dirilis di pengujung 2004 ini dijual secara manual di toko kaset dan CD. Dalam dua bulan, Bahagiaku diganjar platinum ganda setelah terjual 300 ribu kopi lebih. Pencapaian ini menjadikan Bahagiaku sebagai album alumni Idol paling laris.
Jauh sebelum musisi lain mendapat platinum karena titip jual ke restoran cepat saji. “Bagi saya, album Bahagiaku sebuah pencapaian karier. Album ini menjadi pintu gerbang yang melempangkan jalan saya sebagai penyanyi profesional,” tutupnya. Berkat album ini, karier Delon mengangkasa. Namanya, terus diingat dan dikenang.

(wyn/adm)