Waspada Bakteri yang Memicu Batuk dalam Kotak Makan Si Kecil

Yuriantin | 15 Mei 2017 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berdasarkan sebuah penelitian terbaru, diperkirakan sekitar 73% kotak makanan mengandung bakteri. Bakteri ini rentan memicu batuk, migrain, gatal pada mata, hingga asma. Sebabnya, kebiasaan cuci tangan yang sering terlupakan. 

Mencuci tangan tidak hanya dilakukan ketika akan mengonsumsi makanan, namun juga ketika menyiapkan bekal. Selain itu, cara mencuci yang kurang tepat juga menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat. Meski kotak makanan terlihat bersih dan bahkan mengilap, pastikan Anda mencucinya dengan benar.

Pertama-tama, pastikan tangan selalu bersih sebelum menyiapkan bekal. Jika dirasa membersihkan dengan sabun belum cukup, taburkan soda bikarbonat yang bisa berfungsi sebagai deodoran, seperti diungkap laman Prima. Bau makanan yang terperangkap dalam kotak makanan juga akan lenyap.

Selain itu, hindari penggunanan lap piring untuk membersihkan kotak. Karena meski terlihat mengilap, lap tersebut hanya memindahkan bakteri saja. Penggunaan mesin cuci piring dan cairan pembersih kimia juga tidak dianjurkan. Karena mesin cuci piring akan merusak permukaan kotak makanan dan cairan pembersih kimia akan meninggalkan sisa kimia yang tidak terlihat mata yang berpotensi menyebabkan masalah pernapasan. Terakhir, penggunaan tisu basah juga sebaiknya dihindari.

(yuri/yb)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait