Ukuran Perut Yang Besar Ketika Hamil, Berarti Memiliki Bayi Yang Besar?

Yuriantin | 22 Maret 2017 | 18:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ukuran perut yang besar meski baru memasuki beberapa bulan usia kehamilan, bukan berarti Anda memiliki bayi yang besar. 

Hal ini diungkapkan dokter kandungan Kang Wee dari rumah sakit Mount Alverina, Singapura. Ukuran perut yang membesar dini bisa jadi akibat pemisahan otot abdomen.

Wanita dengan otot abdomen yang lebih kuat biasanya tidak akan mengalami penambahan ukuran yang berarti di perut pada awal-awal usia kehamilan. Karena otot utama abdomen menjaga perut agar tidak membesar.

Beda halnya jika ini merupakan kehamilan kedua. Penyebabnya, otot abdomen utama ditarik dan terpisah untuk melindungi pertumbuhan janin selama trimester kedua dan ketiga pada kehamilan pertama. Otot yang terpisah tersebut melemahkan otot dinding abdomen. 

Faktor lain adalah kadar progesteron yang tinggi selama kehamilan membuat gerakan usus melambat seperti diungkap laman Young Parents. Akibatnya, makanan tinggal lebih lama di dalam usus sehingga bakteri bisa bekerja lebih lama dan memicu timbulnya gas dalam tubuh. Hasilnya, perut kembung dan rasa sakit pada perut. 

Solusinya, hindari minuman bersoda dan makanan yang memicu gas. Selain itu, konsumsi makanan dalam porsi yang kecil. Disarankan juga, untuk memulai hari dengan mengonsumsi segelas air hangat atau konsumsi air lemon hangat 20 menit sebelum sarapan. 

 

(yuri/gur)

 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait