Sentuhan Ibu Bisa Membentengi Anak dari Stres

Wayan Diananto | 28 November 2016 | 16:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bu, rasa sayang dan perhatian bisa Anda tunjukan kepada si kecil melalui hal-hal sederhana.

Salah satunya, dengan rajin memberi sentuhan fisik kepada putra-putri Anda. Membelai, mengusap pipinya, memeluk, atau menepuk-nepuk punggung dengan lembut ternyata dapat memberi manfaat jangka panjang untuk si buah hati.

Hal tersebut terungkap dalam talk show kampanye “Nivea: PS I Love Mama” di Hotel Dharmawangsa Jakarta, pekan lalu.

Salah satu narasumber yang hadir yakni psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Vera membeberkan sebuah penelitian J. Brouer tahun ini. Penelitian itu melibatkan sejumlah anak dan ibu mereka. Metode penelitiannya unik. Ibu dan anak diberi waktu untuk bermain bersama. Para ibu tahu aktivitas itu diabadikan dengan kamera. Namun, mereka tidak tahu apa tujuan merekam kegiatan bermain itu.

“Selama bermain, ada beberapa ibu yang senang menyentuh anaknya. Anaknya diusap-usap badannya, dipegang pipinya, dan seterusnya. Setelah aktivitas selesai, anak-anak diteliti. Ternyata, bagian otak si kecil yang mengatur tentang sosialisasi dan berempati lebih aktif. Mereka yang lebih sering mendapat sentuhan ibu kemampuan emosi dan sosialnya lebih tinggi,” beri tahu Vera.  

Vera menambahkan, “Fakta lain yang didapat, sentuhan ibu merangsang fungsi kognitif dan membangun pertahanan psikis terhadap stres. Dengan kata lain, anak lebih tangguh dan gigih. Satu lagi, ibu rajin membelai dan mengusap buah hati mereka, maka anak belajar tentang organ tubuhnya sendiri. Ia tahu kaki, tangan, dan telinga, itu berawal dari sentuhan ibu.”

Sentuhan itu, kata Vera, terjadi ketika ibu memandikan lalu mengajari si buah hati memakai pakaian dan seterusnya. Momen-momen itu merupakan cikal bakal dari pengembangan konsep diri anak yang akan dibawa saat dewasa nanti.

Senada dengan Vera, President Director PT Beiersdorf Indonesia Holger Welters  menambahkan, “Sentuhan ibu mampu membangkitkan kenangan pertama anak-anak atas perawatan penuh cinta dari ibu mereka. Kami percaya sentuhan ibu sangat penting di setiap tahap kehidupan seseorang mulai kecil hingga dewasa.”

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait