Barli Asmara Berkolaborasi dengan Pengrajin Lokal untuk Kain Negeriku Jambi

Andira Putri | 24 Maret 2017 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Barli Asmara menggandeng sejumlah pengrajin lokal untuk proyek Kain Negeriku Jambi. Kolaborasi mereka ditampilkan pertama kali dalam gelaran Plaza Indonesia Fashion Week, Jakarta Pusat, Kamis (23/3).

Bekerja sama dengan pengrajin Jambi merupakan sesuatu yang baru bagi Barli Asmara. Desainer kenamaan ini berbagi cerita tentang hal menantang saat mengerjakan proyek Kain Negeriku Jambi.

"Tantangannya sendiri adalah penyatuan antara saya dan pengrajin. Bagaimana saya menjelaskan bahwa kedatangan saya tidak untuk mengambil kain mereka. Ada sosialisasi disitu," kata Barli Asmara dalam konferensi pers sebelum acara.

Pendekatan Barli Asmara membuahkan hasil baik. Tidak sulit bagi Barli Asmara dan pengrajin lokal menemukan kecocokan satu sama lain. "Dia sangat open minded, ya. Jadi mudah nyambung dengan para pengrajinnya," terang Ibu Gubernur sekaligus Ketua DEKRANASDA Jambi Sherrin Tharia.

Jika sudah cocok, kolaborasi Barli Asmara dan pengrajin lokal asal Jambi bisa berjalan mulus. Buktinya proses pengerjaan koleksi fashion Kain Negeriku Jambi tuntas dalam waktu relatif singkat. "Kurang dari 1 bulan, Alhamdulillah kita sudah bisa menciptakan 250 kain. Nanti dari 250 kain ini, kita bisa bikin 36 looks," ujar Barli Asmara.

Kesuksesan pengerjaan proyek Kain Negeriku Jambi telah menginspirasi Barli Asmara. Barli Asmara berharap jika proyek ini bisa membantu para pengrajin lokal. "Saya ingin pengrajinnya maju agar mereka punya peningkatan secara ekonomi. Saya lebih fokus kepada pilar-pilar UKM atau IKM," tutup Barli Asmara.

 

(dira/wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait