Koleksi Kain Tradisional, Annisa Pohan Ingin Wariskan ke Anak Cucu

TEMPO | 21 November 2018 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sudah lama Annisa Pohan mengoleksi kain tradisional Indonesia. Dia sudah mengoleksi batik dan tenun sejak sebelum menikah dengan Agus Harimurti Yudhoyono pada 2005. Wanita berusia 36 tahun ini mengatakan kalau setiap pergi ke suatu daerah di Indonesia, hal pertama yang akan dia cari adalah kain tradisional yang khas di daerah tersebut, selain membeli kain ke pameran kain tradisional yang ada di Jakarta.

“Karena kapan lagi di satu tempat saya bisa banyak sekali beli kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi dari situ saya mencicil sedikit-sedikit,” tutur Annisa Pohan soal koleksi kainnya.

Annisa Pohan mengatakan kalau koleksi kain ini bisa menjadi warisan untuk anak dan cucunya nanti. Dia sendiri belajar mengoleksi kain dari ibu dan neneknya. “Eyang putri saya itu karena orang Jawa, suka koleksi jarik dari Jawa. Tapi kalau ibu saya, kebetulan senang ke daerah terus, jadi banyak mengumpulkan dari berbagai daerah,” lanjut Annisa Pohan.

Annisa Pohan merasa senang karena ibu mertuanya, Ani Yudhoyono, juga suka membawa pulang kain tradisional setelah pergi ke daerah-daerah di Indonesia. “Kalau memang ada yang bisa dijahitkan, saya jahit. Tapi ada juga yang jadi kain saja, terutama kalau kualitasnya bagus. Itu saya ingin mewariskan ke anak-cucu nantinya,” jelas Annisa Pohan.

Meski Annisa Pohan belum menghitung berapa kain tradisional yang dikoleksi, tapi kain batik dan tenun hampir sama jumlahnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait