Cerita Titi Kamal Mandi Hanya Bertutupkan Seng di Kampung Pemulung Jakarta Selatan

Indra Kurniawan | 31 Desember 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Totalitas Titi Kamal dalam seni peran tak diragukan. Semua lakon di sinetron, film, dan FTV dimainkan total tanpa membeda-bedakan. Demi pendalaman peran, ia bahkan pernah sampai tinggal di perkampungan pemulung di Jakarta Selatan.

Tikam, sapaan akrabnya, aktris yang sudah puluhan tahun bergelut di dunia akting. Sosoknya mulai membetot perhatian saat membintangi film layar lebar Ada Apa dengan Cinta? (2002). Di film Miles Production Titi berperan sebagai Maura. 

Namanya kian diperhitungkan setelah melakonkan penyanyi dangdut bernama Petris atau Iis Madurna di film Mendadak Dangdut (2006). Berkat film itu Titi dinominasikan di MTV Movie Awards 2006 untuk kategori Pemeran Wanita Terbaik. 

Namun dari sekian banyak karya yang telah dihasilkan, asa satu yang paling berkesan hingga mendatangkan kepuasan bagi dirinya. Yakni miniseri Lilin Kecil (2002) produksi Indika Entertainment. Di situ Tikam dituntut menjadi pemulung hingga harus melakukan observasi langsung ke perkampungan pemulung di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan.

"Itu gue suka banget. Karena gue benar-benar pendalamannya gue tinggal di Tanjakan Mekah, Pondok Labu. Di situ komplek teman-teman pemulung dan gue benaran tinggal di situ. Jadi yang tahu (gue Titi Kamal) orang di rumah itu, sekitarnya enggak ada yang tahu," cerita Titi Kamal dilansir dari video Tonight Show Premiere di kanal YouTube TonightShowNet.

"Seru banget, gue ngerasain makan bareng mereka, mandi outdoor hanya ditutup seng. Insecure mandinya, takut ada yang ngintip. Seru banget, gue jalan (memulung), enggak bawa duit sama sekali," sambungnya. 

Hasilnya, akting pemilik nama lengkap Kurniati Kamalia sebagai Uti di Lilin Kecil mengantarnya masuk nominal Forum Film Bandung 2002 untuk kategori Aktris Pendatang Baru. Walau tak menang, karier Titi semakin moncer sejak itu. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait