6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Wajah Berjerawat dan Solusinya!

Vallesca Souisa | 25 Juni 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ah, jerawat! Masalah kulit satu ini meresahkan, karena mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Satu-dua jerawat saja muncul, buru-buru ingin kita hempas. Kenapa jerawat bisa tiba-tiba muncul? Terkadang kita enggak sadar, bahwa hal-hal kecil atau kebiasaan yang kurang baik, bisa memicu timbulnya jerawat. Nah, ini dia beberapa kebiasaan yang menyebabkan jerawat, yang mungkin tidak Anda sadari dan gimana mengatasinya. 

Sembarangan Menggunakan Makeup atau Kosmetik
Tak dimungkiri, sebagai wanita kita suka mencoba-coba beberapa kosmetik atau makeup. Sebaiknya, Anda hati-hati, jangan asal gonta-ganti makeup. Karena penggunaan makeup yang tidak tepat, atau bahan kandungan yang tidak baik bisa mengakibatkan iritasi dan jerawat. Beberapa kandungan yang kurang baik misalnya, lanolin, yakni kandungan minyak yang mungkin baik untuk kulit kering, tapi tidak baik untuk kulit cenderung berminyak dan bisa menyebabkan jerawat. Atau kandungan isopropyl myristate, bisa menyumbat pori-pori, sehingga kulit teriritasi dan berjerawat. 

Malas Membersihkan Kuas atau Peralatan Makeup
    Menggunakan kuas selama berbulan-bulan, untuk memulas makeup juga memicu timbulnya jerawat.  Kuas-kuas yang tidak dibersihkan menampung banyak bakteri dan sel-sel kulit mati. Jadi,  pastikan Anda rajin membersihkan kuas make-up. Setidaknya seminggu sekali.

Malas Membersihkan Wajah
    Seharian beraktivitas, memang membuat kita lelah. Tapi jangan sampai membersihkan wajah, dan memilih langsung tidur. Sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah, akan mengendap menyumbat pori-pori, tak hanya membuat Anda berjerawat, tetapi juga membuat kulit kusam. Untuk itu, selelah apapun Anda, bersihkan wajah selepas beraktivitas.

Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor
    Tanpa disadari, tangan kita suka menyentuh bagian wajah, entah itu pipi, hidung, kadang malah tangan kita ini suka memencet-mencet cikal bakal jerawat. Padahal kita lupa, tangan ini kotor, habis memegang segala macam hal. Terjadilah transfer kotoran ke kulit wajah, baik dari jari-jari tangan maupun kuku, yang menyebabkan jerawat dan bisa-bisa meradang.

Sembarangan Mengonsumsi Makanan
Makanan yang mengandung glikemik tinggi, seperti pemanis buatan, roti putih, pasta, dan makanan yang digoreng diketahui bisa meningkatkan kadar gula darah sangat tinggi, dan ini adalah pemicu jerawat. Sebagian orang tak menyadari dirinya memiliki alergi pada makanan-makanan tertentu, seperti cokelat, gandum, atau produk susu yang bisa menyebabkan jerawat.

Bagaimana Solusi Mencegah dan Mengatasi Jerawat?
    Pola hidup sehat dan menjaga kebersihan kulit pastinya menjadi cara paling dasar mencegah jerawat. Sebaiknya, sejak dini memilih makanan yang kita konsumsi. Selain itu perlu juga perawatan, bisa perawatan dari luar, yakni menggunakan krim anti jerawat, atau Anda bisa minum kapsul khusus untuk mengempas jerawat. 
   

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait