Lorong Waktu, Karya Sang Maestro Batik Menutup JF3 Fashion Festival

Redaksi | 8 September 2022 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Peragaan busana bertajuk “Lorong Waktu” menjadi penutup dalam rangkaian JF3 Fashion Festival di Mal Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (6/9).

Koleksi Lorong Waktu merupakan hasil kolaborasi Lakon Indonesia bekerjasama dengan salah satu seniman ‘maestro’ batik Indonesia, Cahyo dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Founder Lakon Indonesia, Thresia Mareta, mengatakan bahwa tahun ini sangat spesial karena bisa berkolaborasi dengan maestro batik Indonesia.

“Kami ingin mengangkat seniman-seniman Indonesia yang memang berkarya, supaya catatan itu ada, dan kita belajar untuk menghargai apa yang kita punya,” kata Thresia Mareta dalam temu media Lakon Indonesia X Cahyo : Lorong Waktu di JF3 Fashion Festival.

Lebih lanjut Thresia menuturkan, pihaknya bekerja sama secara langsung dengan pengrajin tradisional di daerah, sehingga dapat memberikan hasil yang nyata  dalam menggerakan roda perekonomian mereka.

Di peragaan busana kali ini, ada 54 koleksi busana yang ditampilkan. Hadir dengan motif flora dan fauna-nya yang sangat luwes dan halus dengan teknik pewarnaan yang sangat istimewa.

Pada koleksinya, Cahyo menuangkan indentitas, kedetailan, dan keunggulannya dalam teknik pewarnaan ke dalam batik itu sendiri sehingga menciptakan ciri khas dan kematangan yang menggambarkan kekokohan seorang Cahyo. 

Lorong Waktu ditujukan untuk menjadi suatu presentasi yang lebih dalam dan memberikan arti bagi usaha pelestarian budaya, dunia fashion, dan industri kreatif Indonesia.

Thresia berharap agar koleksi ini tidak hanya menjadi satu koleksi pakaian hasil produk lokal tetapi menjadi satu koleksi yang dapat mengangkat hasil karya tangan Cahyo bersama para artisan untuk menjadi sesuatu yang mempunyai nilai dan standar yang dapat diterima dunia Internasional. Sehingga dapat juga mengangkat nama Indonesia dan juga kota Jakarta yang merupakan jendela dari seni dan budaya Indonesia.

Disamping itu, Chairman JF3 2022, Soegianto Nagaria berharap melalui ajang ini JF3 ingin memberikan platform untuk kemajuan fashion di Indonesia.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait