Lagu Love Scenario Jadikan B.I iKON Penerima Royalti Terbesar di Korea pada 2018

Hari Murtono Selasa, 18 Desember 2018 20:15:23
Tahun ini, penerima royalti terbesar jatuh pada personel iKON, B.I. (Allkpop)

TABLOIDBINTANG.COM - Majunya industri hiburan Korea, terutama musik, bisa dilihat dengan sehatnya aliran dana royalti untuk para artis dan pencipta lagu.

Media Korea JoongAng Sunday membuka soal penerima royalti musik terbesar. Tahun lalu royalti terbanyak terbagi untuk Teddy (penulis musik), G-Dragon (penulis lirik), Vanilla Man (Aransemen Musik), Kim Sung Kyun (Musisi Klasik), Kim Young Dong (folk/tradisional), dan Kim Bang Ok (musik anak-anak). Tahun ini, penerima royalti terbesar jatuh pada personel iKON, B.I.

Adapun B.I iKON menerima royalti untuk lagu ciptaannya "Love Scenario” yang telah di-streaming  sebanyak 864 juta kali. Uang hasil royalti diperkirakan cukup untuk membeli dua buah mobil mewah. B.I. iKON juga dikabarkan telah membeli tanah di kampung halamannya, Gimpo, untuk kemudian dibangun sebuah rumah.

Sayangnya, saat artis idola diguyur keberuntungan, para penulis lagu lama mengalami penghasilan. Mereka menuntut asosiasi musik karena peraturan baru yang dibuat Mei 2017 membuat penghasilan mereka menurun drastis. Peraturan baru membuat pengusaha karaoke tak perlu membayar royalti atas lagu trot atau tradisional lawas yang ditampilkan di tempat karaoke mereka.

(hari/bin)

Penulis Hari Murtono
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.