10 Penyanyi Idola K-Pop Ini Latihan Kurang dari 6 Bulan Sebelum Debut (Bagian 2)

Rizki Adis Abeba | 19 Juni 2019 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Para penyanyi idola Korea umumnya harus menjalani masa pelatihan atau menjadi trainee selama bertahun-tahun sampai akhirnya dinyatakan layak debut oleh agensi. Selama masa pelatihan, para trainee dituntut untuk mengembangkan potensinya dalam bernyanyi, menari, bermusik, hingga mengatur konsep penampilannya sebelum akhirnya debut menjadi artis.

Kebanyakan penyanyi idola Korea menjalani masa pelatihan lebih setahun, bahkan ada yang melebihi 10 tahun pelatihan. Sebut saja G-Dragon yang menjalani masa trainee selama 11 tahun karena ia masih berusia delapan tahun saat diterima audisi di YG Entertainment. Selain itu ada Jihyo TWICE yang menjadi trainee selama sepuluh tahun, YoonA SNSD selama tujuh tahun, Johny NCT selama sembilan tahun, dan masih banyak idola lainnya.

Sebaliknya, ada pula penyanyi idola yang lebih beruntung karena hanya melewati masa pelatihan yang sangat singkat bahkan tidak sampai enam bulan. Kendati masa pelatihannya singkat, para penyanyi idola ini bisa dikatakan sukses dalam menjejakkan karier di industri musik Korea dengan persaingannya yang sangat ketat. Siapa saja penyanyi idola top Korea yang melewati masa pelatihan kurang dari enam bulan?

Chen dan Baekhyun EXO: 4 Bulan

Grup EXO mempunyai personel yang menjalani pelatihan di SM Entertainment dengan kurun waktu yang sangat beragam. Ada Suho yang masa trainee-nya mencapai enam tahun, Kai lima tahun, Xiumin, Lay, Chanyeol, dan Sehun empat tahun, dan D.O dua tahun. Namun beruntung bagi Chen dan Baekhyun yang hanya menjalani masa trainee selama empat bulan sebelum debut bersama EXO pada 2012. Kendati masa pelatihan terbilang singkat, Chen dan Baekhyun mempunyai kualitas vokal yang matang dan karisma yang kuat sehingga tidak kalah dengan para personel dengan periode pelatihan panjang.

Hyuk VIXX: 3 Bulan

Sebelum mengikuti ajang survival show MyDOL, Hyuk baru menjadi trainee selama tiga bulan di agensi Jellyfish Entertainment. Namun kegigihan Hyuk membuahkan hasil sehingga ia masuk dalam jajaran finalis MyDOL dan berhasil debut di grup VIXX. Saat ini Hyuk tidak hanya aktif di dunia tarik suara namun juga merambah dunia akting dengan membintangi film layar lebar Chasing (2016) dan Happy Together (2018).

Kyuhyun Super Junior : 3 Bulan

Dengan wajah imut dan timbre vokal khas yang mampu menjangkau nada-nada tinggi, tidak mengherankan jika agensi sebesar SM Entertainment hanya perlu memoles Kyuhyun selama tiga bulan sebelum ia bergabung sebagai personel termuda Super Junior pada 2006 silam.

Changmin 2AM: 3 Bulan

Grup 2AM dibentuk lewat ajang survival show Hot Blood Men yang diadakan oleh JYP Entertainment. Namun Changmin adalah satu-satunya anggota 2AM yang bukan lulusan acara Hot Blood Men sebab saat acara tersebut berlangsung Changmin masih menjalani wajib militer dan tidak berstatus sebagai trainee JYP Entertainment. Changmin bergabung dengan JYP Entertainment setelah menyelesaikan wajib militer, tepatnya tiga bulan sebelum ia debut bersama 2AM.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait