Viral Foto Jackie Chan Pegang Kertas Kosong, Ikutan Protes Pemerintah Tiongkok?

Binsar Hutapea | 3 Desember 2022 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - 
Tiongkok saat ini tengah dilanda krisis politik karena kebijakan covid yang sangat ketat. Sejumlah warga yang tak puas dengan pemerintah pun ramai-ramai membentangkan kertas kosong untuk memprotes kebijakan nol Covid Beijing yang dianggap menyusahkan.

Baru-baru ini viral foto superstar seni bela diri Jackie Chan (68) tengah memegang kertas kosong. Apakah Jackie ikut menyetujui protes tersebut?   

Banyak netizen yang tak percaya bahwa Jackie Chan bakal melakukan aksi itu. Pasalnya Jackie dikenal sangat pro-Tiongkok. Bintang Police Story tersebut juga diketahui pendukung Hukum Keamanan Nasional Hong Kong yang ditetapkan oleh pemerintah Beijing pada tahun 2020. Sederhananya, undang-undang ini memudahkan otoritas Tiongkok untuk mengadili orang-orang di Hong Kong yang berpartisipasi dalam protes menantang mereka.

Foto asli Jackie Chan memegang kertas, (8days)

Tak hanya itu, ayah satu anak ini juga pernah terang-terangan mengungkap keinginannya untuk bergabung Partai Komunis Tiongkok.

Benar saja, ternyata foto Jackie itu merupakan hasil Photoshop.

Seorang netizen menemukan gambar aslinya, yang berasal dari tahun 2016, di mana Jackie memegang tanda bertuliskan "memberi hormat kepada petugas pemadam kebakaran garis depan".

Gambar itu diposting Jackie karena kala itu ada dua petugas pemadam kebakaran yang kehilangan nyawa saat melawan kobaran api besar di Pusat Industri Amoycan di Ngau Tau Kok, Kowloon, Hong Kong.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait