Trik Sukses Mengembangkan Usaha Lewat TikTok Shop

Vallesca Souisa | 2 Mei 2023 | 00:16 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat ini jumlah pengguna Tiktok di Indonesia mencapai 109,9 juta orang. Angka ini tentu menjadi peluang yang besar bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. 

Tak hanya jumlah penggunanya saja yang besar, tapi juga jumlah transaksinya. Sepanjang 2022 nilai transaksi Tiktok Shop di Asia Tenggara telah melampaui Rp 68 triliun.

Mybamus, brand fashion muslim lokal, membagikan kisah suksesnya berjualan di Tiktok Shop. Event tersebut digelar di Trans Luxury Hotel, Bandung, beberapa waktu lalu. Beberapa kreator Tiktok lain juga turut diundang seperti Kak Jill dan Koh Cun.



Event ini diadakan untuk berbagi pengalaman berbisnis & berjualan oleh para UMKM lewat Tiktok Shop. Mybamus membagikan kisahnya hingga meraih pencapaian 282 ribu followers dengan ratusan ribu item terjual didalam akun Tiktoknya @mybamus.

Sebagai brand fashion muslim lokal, Mybamus menyasar wanita modern dengan rentang usia 19–32 tahun. Mybamus juga memiliki desain yang unik dan harga yang terjangkau. Ini membuat produknya semakin menarik di mata 


Trik utama adalah konsisten dalam membuat konten yang menarik. Konsistensi tersebut akan membuat kita menemukan strategi yang tepat dalam mengembangkan penjualan.

Hal tersebut disebut sebagai winning campaign. Artinya, kita menemukan formula yang tepat untuk mengembangkan akun dan penjualan kita di platform Tiktok. Dengan strategi tersebut kita juga dapat menemukan target market yang sesuai dengan brand kita. 

Owner Mybamus juga memberikan pengingat bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. “Jangan denial dengan perubahan dan platform-platform baru. Coba saja dan cari peluangnya.” ujarnya.

Trik kedua adalah rutin melakukan live streaming. Bagi kreator Tiktok maupun UMKM, memanfaatkan fitur satu ini sangat penting. Sebab, live streaming adalah salah satu cara terpopuler saat ini untuk menarik perhatian pelanggan.

Live streaming yang menarik dan komunikatif disukai oleh banyak orang. Fitur satu ini juga dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan, memasarkan, hingga menjual produk. Bahkan, penjualan dapat naik drastis lewat live streaming!

Trik ketiga yang rutin dilakukan oleh Mybamus adalah memberikan free sample pada kreator-kreator yang sesuai dengan market Mybamus sendiri. Mereka adalah kreator-kreator di Tiktok yang dapat mempengaruhi selera pasar. Ketika mendapatkan free sample, para kreator dapat memposting video dengan keranjang kuning produk Mybamus di akunnya.

Alhasil, ketiga strategi tersebut menjadi winning campaign lalu memboosting penjualan dan brand image dari Mybamus. Inilah yang membuat Mybamus sukses memanfaatkan Tiktok Shop untuk mengembangkan bisnis berskala UMKM-nya.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait