Nuning Irpana Mengaku Dinikahi Aliff Alli dan Ditinggalkan di Hari yang Sama

Ari Kurniawan | 24 Mei 2021 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah sidang isbat nikah dan gugatan cerai Aliff Alli dan Aska Ongi, muncul kisah lain yang cukup mengejutkan.

Aska menyebut Aliff pernah menikah secara resmi dengan wanita bernama Nuning Irpana, pada 28 November 2011, di Kantor Urusan Agama (KUA) Cilandak, Jakarta Selatan.

Namun informasi tersebut ditepis oleh Aliff Alli. Aliff menyebut pernikahannya dengan Nuning tidak pernah ada. "Jujur saya tidak pernah mengenal sama sekali, tidak pernah bertemu sama sekali, apalagi berumah tangga," kata Aliff Alli, kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Anehnya, Aliff justru mengajukan pembatalan pernikahan ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Pusat.

Pihak Nuning Irpana pun angkat bicara. Sudarmanto, pengacara Nuning, mengatakan pernikahan kliennya dengan Aliff Alli bukan rekayasa atau mengada-ada karena terdaftar secara resmi di KUA.

Lantas bagaimana awal mula pernikahan Aliff Alli dengan Nuning Irpana bisa terjadi?

"Pada saat itu kan usia ibu Nuning juga sudah cukup melakukan pernikahan. Datanglah kawannya ibu Nuning memberikan jodoh, dari pihak keluarga ibu Nuning sendiri menyetujui karena melihat sudah cukup untuk pernikahan tersebut. Ibu Nuning ini kan orang awam ya, artinya ketika dia masih lajang menginginkan sebuah pernikahan yang benar. Terjadilah pernikahan itu, ternyata suaminya adalah Aliff," jelas Manto.

Tapi, apa yang terjadi kemudian tidak seperti yang dibayangkan Nuning. Diceritakan Manto, Aliff Alli pergi begitu saja beberapa jam setelah ijab kabul.

"Ketika terjadi pernikahan, setelah pernikahan mas Aliff pergi setelah mendapatkan buku KUA (buku nikah) dengan alasan keluar sebentar. Dan ternyata hingga 11 tahun baru muncul lagi untuk mengajukan gugatan pembatan pernikahan itu," bebernya.

Nuning sendiri tidak berambisi untuk melanjutkan pernikahannya dengan Aliff Alli. Namun, ia tidak terima jika pernikahannya dianggap tidak pernah ada atau dibatalkan.

"Mbak Nuning maunya ini berakhir dengan perceraian, bukan pembatalan," tegas Immanuel Sinaga, pengacara Nuning yang lain.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait