Terungkap Titi DJ Mengidap Autoimun, 4 Artis Wanita Ini Juga Mengidap Penyakit Serupa

Indra Kurniawan Jumat, 1 Oktober 2021 14:30:57
Titi DJ (dok. tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Titi DJ baru melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama pertengahan pekan ini. Pelantun "Sang Dewi" divaksin jenis Pfizer dj GOR Cilandak, Jakarta Selatan.

Diungkap oleh Titi DJ, ia baru divaksin lantaran mengidap autoimun sehingga harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Setelah dinyatakan layak, Titi beserta anak dan adiknya akhirnya mendaftar vaksinasi Covid-19.

Melansir halodoc, pengidap autoimun memang tidak bisa sembarangan menerima vaksin. Sebab, bisa saja vaksin yang diberikan malah berbalik menyerang tubuh si pengidap autoimun. 

Kementerian Kesehatan dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) mengimbau agar pengidap autoimun sistemik sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter yang merawat mereka jika ingin vaksinasi Covid-19. 

Selain Titi DJ, ternyata ada beberapa artis lain yang juga mengidap autoimun. Siapa saja mereka? Yuk simak daftar yang sudah tabloidbintang.com rangkum.

1. Cita Citata

Sudah setahun lebih pedangdut mungil mengidap autoimun. Dalam sebuah kesempatan ia mengatakan dirinya mengidap autoimun karena terlalu banyak minum vitamin kimia, membuat sel darah putihnya terlalu banyak. Dalam kurun lima tahun, pelantun "Goyang Dumang" mengonsumsi vitamin kimia satu setiap hari. Tiap kambuh gejala yang dialami bercak-bercak merah di kulitnya.

2. Ashanty
Istri Anang Hermansyah mengidap autoimun, setelah sebelumnya mengalami gejala penyakit meningitis tak lama setelah menikah. Gejala meningitis sampai membuat Ashanty ambruk dan dilarikan ke rumah sakit. Sembuh dari meningitis, muncul autoimun, dengan gejala awal susah tidur dan perubahan mood dengan cepat.

3. Andrea Dian
Saat terpapar Covid-19 dan menjalani perawatan di Wisma Atlet Jakarta tahun lalu, ia juga mengidap autoimun, yang membuatnya harus menjaga kesehatan dengan (ekstra) baik agar sistem imunnya tetap bekerja dengan semestinya. Setelah sembuh dari Covid, istri Ganindra Bimo ini secara ketat menjaga pola makan dan juga rajin berolahraga.

4. Jessica Iskandar
Janda cantik ini mengidap dua penyakit yakni grave's disease autoimun hipertiroid serta takikardia. Sehingga ia harus mengonsumsi banyak obat. Grave's disease autoimun hipertiroid merupakan gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebih. Kondisi istri Vincent Verhaag belakangan sudah lebih baik. Ia tak lagi mengonsumsi banyak obat. (Ind)


Penulis Indra Kurniawan
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore