Ragunan Siap Menampung Buaya yang Muncul di Pondok Dayung

TEMPO | 18 Juni 2018 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kebun Binatang Ragunan siap merawat buaya yang terlihat di perairan Pondok Dayung di kompleks Komando TNI AL Armada RI Kawasan Barat, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tapi pertama-tama buaya itu harus ditemukan terlebih dahulu.

"Nanti kalau kami harus merawat, kami siap saja. Tempatnya juga tersedia," kata Kepala Unit Taman Margasatwa Ragunan Dina Himawati di kawasan Ragunan, Jakarta, Ahad 17 Juni 2018.

Buaya sepanjang 2,5 meter muncul di perairan Dermaga Pondok Dayung pada Kamis 14 Juni 2018. Satwa amfibi itu terpaksa diburu karena dianggap mengancam keselamatan prajurit. Pondok Dayung adalah pangkalan militer TNI Angkatan Laut dan kerap digunakan untuk latihan.

Dina menuturkan yang terlihat di Pondok Dayung merupakan jenis buaya muara. Taman Margasatwa Ragunan memiliki satwa koleksi jenis yang sama. "Karena itu kami siap menampung tapi semua harus sesuai dengan prosedur," ujarnya.

Dina menginformasikan, Kebun Binatang Ragunan tidak bisa sembarangan menerima hewan. Dia menegaskan, Ragunan bukan tempat penitipan hewan. Hibah bisa diterima dengan syarat diberikan melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

Ia menuturkan telah menerjunkan satu tim yang terdiri dari empat perawat satwa untuk ikut mencari hewan predator yang terlihat di Pondok Dayung, Tanjung Priok. "Tim kami mengerti bagaimana treatment satwa dan diperbantukan untuk ikut mencari sampai ditemukan," ujarnya.

Dina menerangkan, proses penangkapan buaya di Pondok Dayung tidak bisa dilakukan secara gegabah. Apalagi, buaya termasuk hewan buas.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait