CVR Lion Air PK-LQP Ditemukan Hari Ini

TEMPO | 14 Januari 2019 | 14:05 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - CVR atau Cockpit voice recorder, bagian dari black box Lion Air PK-LQP telah ditemukan hari ini. CVR Lion Air JT 610 itu ditemukan oleh tim penyelam dari Kopaska dan Dislambair Komando Armada atau Koarmada I TNI Angkatan Laut.

"Betul, sudah ditemukan pada pukul 09.10," kata Kadispen Koarmada I, Letkol Laut (P) Agung Nugroho saat dikonfirmasi Tempo, Senin, 14 Januari 2019.

CVR, kata Agung, ditemukan di kedalaman delapan meter di bawah dasar laut. Kedalaman lautnya sendiri mencapai 30 meter. Saat ini informasi penemuan CVR tersebut sedang dikoordinasikan dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT. "Nanti mau dibawa kemana kita komunikasikan dulu dengan KNKT," kata Agung.

Pesawat Lion Air PK-LQP jatuh di perairan Tanjung Karawang pada Senin, 29 Oktober 2018. Pesawat jenis Boeing 737 Max8 itu hilang kontak pada pukul 06.32 WIB, atau sekitar 12 menit setelah take off dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bagian black box Lion Air lain berupa Flight data recorder (FDR) telah ditemukan pada sejak Kamis, 1 November 2018. FDR berisi data mengenai kecepatan, arah, dan ketinggian pesawat. Sedang CVR merekam komunikasi antara pilot, pengawas bandara, co-pilot dan suara lain di dalam kokpit.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait