Polisi Memburu Bos Besar Jaringan Narkoba Zul Zivilia

TEMPO | 12 Maret 2019 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Polisi terus memburu keberadaan tersangka bandar yang berada di tingkat yang lebih tinggi daripada jaringan narkoba yang melibatkan Zulkifli atau Zul Zivilia. Polisi menyebut sosok tersangka itu sebagai Cassanova.

"Bos besar paling atas dalam jaringan narkoba ini masih dalam penyelidikan, tapi untuk kota keberadaannya semakin mengerucut," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono, Senin 11 Maret 2019.

Argo enggan menjelaskan lebih lanjut demi kepentingan penyidikan. Dia hanya memastikan jika lokasi Cassanova masih di dalam negeri. Selain polisi terus bergerak untuk mengungkap jaringan tersebut, termasuk membongkar asal narkoba yang diedarkan.

Argo menambahkan, jaringan yang melibatkan Zul Zivilia bergerak dengan sistem tertutup alias antara pengedar dan bandarnya tidak saling mengenal. "Hingga saat ini tersangka masih sembilan," ujarnya.

Polisi menangkap kesembilan orang itu lewat serangkaian penggerebekan di Jakarta Utara dan Palembang mulai 28 Februari hingga 2Maret lalu. Di antara sembilan itu, Zul ditangkap bersama tiga tersangka lain--satu perempuan--di sebuah unit apartemen di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Bersama penangkapan Zul Zivilia itu, polisi menyita di antaranya 9,5 kilogram sabu dan 24 ribu butir pil ekstasi. Secara keseluruhan, sabu yang disita mencapai 50,6 kilogram dan 50 ribu butir ekstasi. Ada pula uang tunai senilai lebih dari Rp 310 juta. 

Zul Zivilia terbukti pula positif mengonsumsi narkoba dalam penangkapan itu. Vokalis grup band pemiik lagu Aishiteru dan delapan tersangka lainnya ini terancam hukuman mati sebagai tersangka sub bandar narkoba yang mengedarkannya ke sejumlah daerah di Indonesia.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait