Andre Taulany Dituding Hina Ulama, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Christiya Dika Handayani | 2 Mei 2019 | 19:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di media sosial beredar video yang diduga sebagai reaksi dari Ustaz Adi Hidayat pasca dugaan penghinaan yang dituduhkan pada Andre Taulany. Reaksi Ustaz Adi Hidayat ini viral dan salah satunya diunggah akun @semangat_nasehat.

Dalam videonya, ulama yang kerap disapa UAH ini mengajak masyarakat tidak terprovokasi dan membalasnya dengan celaan. Ia mengaku tak peduli dengan hinaan yang ditujukan padanya.

"Saya terakhir di jalan tadi saya menerima ada orang yang mengubah kata-kata dari merk sepatu jadi Adisomad dan macam-macam, saya nggak peduli. Biarin aja, jangan dibalas dengan celaan lagi. Kita doakan dengan yang baik," kata Adi Hidayat dalam video yang diunggah, Rabu (1/5).

Meski demikian, Ustaz Adi Hidayat mengingatkan tentang dosa dari perbuatan menghina ulama. Balasan tersebut bisa saja terjadi baik saat di dunia maupun di akhirat nanti. 

"Ketika lisan Anda sudah tajam pada seorang ulama, maka itulah awal kehancuran karier Anda dalam kehidupan dunia. Ingat baik-baik kalimat itu. Ketika lisan anda sudah mulai tajam kepada ulama, dengan cara yang tidak tepat, apakah penghinaan, pelecehan, maka itu tanda awal kejatuhan karier anda dalam urusan dunia dan ancaman Allah untuk urusan akhirat," sambungnya.

"Pilihannya cuma dua, ada orang yang dengan itu bisa taubat atau istidraj, dia terhempas dalam keburukan-keburukannya dan menambah dosa-dosanya di situ," lanjut Ustaz Adi Hidayat.

Tudingan yang diduga dilakukan Andre Taulany ini bermula saat memandu acara Ini Talkshow Net TV bersama Sule. Saat melakukan tanya jawab bersama YouTuber Jovial da Lopez, Andre sempat melontarkan celetukan dengan menyebut nama merek sepatu Adisomad. 

Awalnya, Sule bertanya pada Jovial da Lopez soal brand sepatu yang menjadi favoritnya. Saat itulah, Andre Taulany menimpali ucapan Sule dengan menyebut kata Adisomad, yang kemudian dianggap gabungan nama Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad. 

"Karena memang Le (Sule), merek Adisomad itu sepatu…," kata Andre Taulany

Andre Taulay sudah memberikan klarifikasi soal ini. Dia menampik ucapannya itu ditujukan kepada ulama tertentu, apalagi jika disebut menghina. Menurut Andre, di Indonesia banyak yang memiliki nama Adisomad.

Nama itu disebutkan sebagai plesetan dari brand Adidas. Pasalnya ia tidak mungkin menyebutkan merek tertentu di program yang dipandunya. Ia sendiri bingung jika disebut menghina ulama.

"Itu kan plesetan dari kata Adidas. Karena saya enggak boleh menyebut merek di dalam program tersebut. Terus kenapa saya dituduh menghina ustadz? Saya enggak ada menyebut kata ustadz siapapun," jelas Andre.

Andre melanjutkan, pembicaraan di program itu konteksnya komedi. Bukan membicarakan politik, agama atau bahkan ustadz tertentu. "Kami lagi ngobrolin soal hobi koleksi sepatu, jadi saya rasa enggak ada unsur penghinaan terhadap siapapun," pungkas Andre Taulany. 

(dika/Tov)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait