Jokowi Minta Pembacaan Sumpah Anies - Sandi Diulang karena Hal Ini

TEMPO | 17 Oktober 2017 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Senin (16 / 10) sore, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengulangi pembacaan sumpah. 

Pengulangan itu dilakukan karena Sandiaga Uno kurang lengkap membaca sumpahnya. Seharusnya dia mengucapkan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia, namun yang diucapkan hanya Undang Undang Republik Indonesia.

Selain kesalahan itu, pelantikan Anies-Sandi berjalan lancar. Pada pembacaan sumpah yang kedua kali  Sandi dapat mengucapkan secara benar. Presiden Jokowi lalu menyatakan mereka sah memimpin Jakarta hingga 2022 yang dikukuhkan melalui Kepres No.83/p/2017.

Usai pelantikan, Anies mengatakan Presiden Joko Widodo ingin bertemu dengannya dan Sandiaga Uno dalam waktu dekat.

"Dalam 1-2 hari ini beliau akan mengundang untuk bertemu. Insya Allah kami siap," ujar Anies, di kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 16 Oktober 2017.

Anies mengatakan, sewaktu masih menjadi Menteri Pendidikan dia sering bertemu dan berbincang dengan Jokowi. Karena itu dalam kesempatan ini ia menyempatkan diri mengobrol sejenak.

"Namanya juga kenal lama. Macam-macam yang diobrolkan di sepanjang jalan tadi. Kami tadi juga guyon di sepanjang jalan," ujar Anies.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait