Ini yang Bikin Jokowi Sering Diejek Teman saat Masih Kuliah

TEMPO | 20 Desember 2017 | 07:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Jokowi ternyata tak luput dari tradisi olok-olokan atau bahan ejekan teman sekampus saat masih mahasiswa di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

"Beliau itu sejak mahasiswa bicaranya sudah seperti orang tua, menasehati, jadi sering dibilang teman-temannya saat itu, 'Jok, koyok wong tuwo wae koe' (Jok, seperti orang tua saja kamu)," ujar teman satu angkatan Jokowi, Bambang Supriyambodo, di sela kunjungan Jokowi ke UGM, Selasa (19/12).

Meski sering diledek 'sok tua' semasa mahasiswa, menurut Bambang teman temannya jadi tahu jika gaya sok tua Jokowi kala itu karena terbawa kebiasaannya sebagai putra sulung di keluarganya. "Jadi di kelompok kami, malah beliau jadi kayak yang ngemong (mengayomi)," ujar Bambang. Saat mendaki gunung misalnya, yang hampir dilakukan Jokowi dan rekan seangkatannya tiap akhir pekan, Jokowi lah yang rajin mengingatkan rekannya agar tak merusak lingkungan gunung.

Jokowi menentang keras kalau ada rekannya yang hendak memetik bunga edelweis untuk dibawa pulang sebagai hiasan. "Saya paling ingat, kalau ada yang mau metik edelweis beliau selalu bilang, 'Nikmati saja edelweisnya, ngga usah dipetik, wong paling kalau dipetik cuma jadi hiasan dan dibuang, biarin tetap indah di gunung saja'," ujar Bambang.

Meski sering diolok sok tua, Bambang mengatakan Jokowi juga nyalinya besar. Misalnya saat naik ekspedisi ke Gunung Kerinci yang medannya berpasir, Jokowi dan rekannya turun gunung itu dengan cara seperti orang berseluncur karena memang tak bisa dipakai jalan kaki biasa. "Seru sekali saat itu, meski sarung tangan kami semua habis karena ngerem," ujar Bambang.

Bambang yang berprofesi sebagai salah satu Dewan Komisaris di PT. Pupuk Kaltim itu juga ingat bagaimana Jokowi dan rekan seangkatannya ulet hanya demi memuaskan hasrat naik gunung tiap akhir pekan. "Karena dulu tas gunung mahal, beliau mengajak kami bikin tas gunung sendiri, pakai pipa pipa terus dijahit," ujarnya.

Jokowi dan anak kehutanan seangkatannya gemar naik gunung tiap akhir pekan karena memang hampir tak ada yang berpacaran saat kuliah. Fakultas Kehutanan UGM saat itu memiliki 80 mahasiswa laki laki dan hanya delapan orang perempuan. "Hiburannya saat itu ya cuma naik gunung, wong semua termasuk pak Jokowi jomblo," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait