Stephen Hawking Meninggal: Penyakit ALS dan Dua Wanita dalam Kehidupannya

TEMPO | 14 Maret 2018 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Fisikawan termashyur Stephen Hawking meninggal dunia di usia ke-76 tahun, pada Rabu, 14 Maret 2018, di rumahnya Cambridge, Cambridgeshire, Inggris. Juru bicara keluarga mengkonfirmasi pada BBC soal kematian pengarang buku “A Brief History of Time,” itu.

Stephen Hawking lahir 8 Januari 1942 dari pasangan Dr. Frank Hawking, seorang biolog, dan Isobel Hawking. Dia memiliki dua saudara kandung, yaitu Philippa dan Mary, dan saudara adopsi, Edward. Keluarganya sempat hijrah ke Amerika Serikat tapi kembali lagi ke London. Hawking selalu tertarik pada ilmu pengetahuan. Dia terinspirasi guru matematikanya yang bernama Dikran Tahta untuk mempelajari matematika di universitas.

Sempat mempelajari astronomi di Oxford , Hawking kemudian masuk ke Trinity Hall, Cambridge untuk mempelajari astronomi teoretis dan kosmologi. Setelah tiba di Cambridge, ia mengalami gejala sklerosis lateral amiotrofik (ALS). Penyakit inilah yang akan membuatnya kehilangan hampir seluruh kendali neuromuskularnya. Pada tahun 1974, ia tidak mampu makan atau bangun tidur sendiri. Suaranya menjadi tidak jelas, sehingga hanya dapat dimengerti oleh orang yang mengenalnya dengan baik.

Pada tahun 1985 Stephen Hawking terkena penyakit pneumonia dan harus dilakukan trakeostomi sehingga tidak dapat berbicara sama sekali. Hawking pun harus menjalani sebagian besar hidupnya di kursi roda. Saat kondisi tubuhnya semakin buruk, dia sampai harus berbicara melalui penyintesis suara dan berkomunikasi dengan cara menggerak-gerakkan alis mata.

Seorang ilmuwan Cambridge membuat alat yang memungkinkan Stephen Hawking menulis apa yang ingin ia katakan pada sebuah komputer, lalu akan dilafalkan melalui sebuah voice synthesizer'.

Kehidupan pribadi Stephen Hawking diwarnai dua wanita. Pertama Jane WIlde, seorang murid bahasa yang dinikahi Hawking pada 1965. Namun mereka bercerai pada 1991, karena tekanan ketenaran dan meningkatnya kecacatan Hawking. Mereka dikaruniai tiga anak: Robert (lahir 1967), Lucy (lahir 1969), dan Timothy (lahir 1979).

Perempuan kedua Stephen Hawking adalah perawatnya, Elaine Mason (sebelumnya menikah dengan David Mason, perancang komputer bicara Hawking), pada tahun 1995. Pada Oktober 2006, Hawking meminta bercerai dari istri keduanya itu. Kisah hidup dan cinta Stephen Hawking pernah diadaptasi Hollywood dalam film: "Theory of Everything" (2014).

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait