Echi Sofwan, Menebar Kebaikan Lewat Komunitas Upload Kompakan

Yuriantin | 15 April 2018 | 04:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Para pencinta fotografi mungkin familier dengan komunitas fotografi Upload Kompakan. Komunitas yang terbentuk di Instagram ini, kini memiliki 150 ribu pengikut.

Tak hanya dari Indonesia, anggota Upload Kompakan atau disebut Kompakers bahkan tersebar hingga Arab dan Eropa. 

Mereka saling berbagi ilmu fotografi, mengadakan lokakarya, dan kegiatan sosial. Melalui komunitas ini, pendirinya Echi Sofwan (38) ingin membawa dampak positif. 

Upload Kompakan lahir dari kegemaran Echi akan barang pecah belah. Kala itu, Echi tengah rajin mengunggah foto di Instagram. Ia belajar fotografi karena iseng. Dari situlah, sejak tahun 2012 ia mulai mengunggah karya fotonya di Instagram sampai akhirnya jatuh hati dan menggeluti fotografi sebagai hobi. 

Bersama temannya Echi kemudian mengunggah foto barang pecah belah. Hingga muncul ide mengajak pengguna Instagram lain untuk mengunggah foto bersama.

"Saya terpikir membuat #UploadKompakan dan (karena) makin banyak yang ikutan upload memakai hashtag itu, 9 September 2014 saya membuat akun @UploadKompakan," cerita wanita yang berdomisili di Medan ini kepada Bintang. 

Lewat tema yang ditentukan setiap malam, Kompakers wajib mengunggah foto sesuai tema keesokan harinya. Mulai dari fotografi makanan hingga bertema alam. Aturannya, foto yang diunggah tak boleh berwujud manusia dan hewan. Bagian tubuh yang boleh terlihat hanyalah jari tangan.

"Saya bertanggung jawab kepada Tuhan atas komunitas yang saya buat ini," terang wanita yang mengenyam pendidikan bahasa Arab dan Studi Islam ini.

Syarat lain, foto minuman keras dan menyinggung SARA juga tak diperbolehkan. Setelah Kompakers mengunggah foto, Echi dan ketiga sahabatnya yang ikut mengurus komunitas ini akan mengunggah ulang foto Kompakers yang terpilih di akun Instagram Upload Kompakan. 

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait