Ridwan Kamil Masuk Daftar 50 Pemimpin Terbaik Dunia Versi Majalah Fortune

TEMPO | 23 April 2018 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ridwan Kamil masuk dalam 50 besar daftar pemimpin terbaik dunia 2018 versi Majalah Fortune. Itu diraih untuk kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

"Alhamdulillah pagi ini dapat berita baik, masuk sebagai satu-satunya orang Indonesia di the world's 50 greatest leaders," kata Ridwan di Bekasi, Jumat, 20 April 2018. Dia berada di posisi 48 dan menjadi satu-satunya orang Indonesia di daftar tersebut.

Majalah Fortune menilai Ridwan Kamil berhasil mengatasi berbagai masalah di kota Bandung selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung sejak 2013 lalu.

Sebagai arsitek, Ridwan Kamil dianggap mampu mengubah kota Bandung sebagai kota yang mampu memanfaatkan teknologi. Ada 400 aplikasi software yang diciptakan untuk membantu dan mempermudah birokrasi. Ridwan Kamil juga membangun Bandung Command Center yang menjadikan ikon smart city.

Inovasi yang dilakukan Ridwan Kamil selama memimpin Bandung adalah penggunaan aplikasi digital untuk mengelola anggaran. Antara lain, e-budgeing, e-lelang, e-zakat (aplikasi bayar zakat), hingga aplikasi menilai kinerja ASN.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan pengakuan dari majalah Fortune itu merupakan buah dari kecintaan terhadap pekerjaan dan inovasi yang terus dilakukan. Rupanya hasilnya diamati oleh dunia, sehingga dinobatkan sebagai pemimpin paling hebat di dunia. 

"Ini menyemangati kaum milenial, bahwa orang Indonesia bisa bersaing di kelas dunia, asal mau berinovasi," ujar pria yang pernah diganjar sebagai Wali Kota Terbaik tahun 2107 versi Kementerian Dalam Negeri ini.

Disinggung mengenai pengaruh terhadap elektabilitasnya di dalam Pilkada Jawa Barat, Kang Emil berharap bisa meningkatkan tingkat keterpilihan dalam pencoblosan pada 27 Juni mendatang. "Kebetulan timing-nya muncul April, Pilkada. Alhamdulillah, kalau itu bisa menambah elektabilitas," kata dia. "Tapi minimal menyemangati yang lain."

Kang Emil menambahkan, salah satu visi misinya adalah menjadikan provinsi digital di Jawa Barat. Jika terpilih, pengalaman di Bandung dan apresiasi dari Fortune akan dituangkan dalam memimpin Jawa Barat. "Hidup kita akan lebih cepat, mudah dan sejahtera dengan digital," kata Kang Emil.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait