Selamatkan Alam dari Sampah Plastik, Ini yang Dilakukan Kaka Slank

Altov Johar | 8 Mei 2018 | 22:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kaka Slank terkejut mengetahui bahwa Indonesia merupakan penyumbang sampah sedotan plastik kelima terbesar di dunia.

Dari situ Kaka Slank memutuskan untuk mengurangi penggunaan sedotan atau botol air mineral.

Walhasil, ke mana-mana Kaka membawa tempat minum sendiri. Bahkan dia selalu memasak air sendiri sebagai bekalnya saat beraktivitas di luar rumah.

"Sejak tahu itu, kayaknya makin eneg kalau mau buka botol baru. Kalau yang terpaksa buka botol baru, gue biasanya pakai selama tiga hari," ungkap Kaka Slank di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (8/5).

Kaka tak menampik awalnya susah membiasakan tak menggunakan barang-barang berbahan plastik, seperti sedotan dan botol air mineral. Namun lama kelamaan, hal itu sudah menjadi gaya hidupnya demi menjaga kelestarian alam.

"Sulit sih enggak, cuma suka lupa di awal-awal. Sebetulnya susah-susah gampang merubah kebiasaan kita memakai barang-barang plastik. Kalau komitmen enggak lama lah, pas gue sih seminggu juga udah biasa," paparnya.

Maka itu, Kaka Slank menyambut baik gerakan tanpa sedotan (No Straw Movement), yang digagas KFC dan Divers Clean Action. Diakui Kaka, gerakan ini selaras dengan kebiasaan yang dilakukannya sehari-hari.

"Walau gue selalu ngomong ke orang-orang bahwa apa yang lo lakuin meski sendiri, itu berpengaruh banget. Tapi waktu gue ketemu Tania (aktivis lingkungan hidup dan penggagas (no straw movement) lakuin ini, ini lebih keren lagi," kata Kaka Slank.

(tov/ray)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait