Muncul Petisi Menolak Iqbaal Ramadhan Perankan Minke di Film Bumi Manusia

Nanda Indri Hadiyanti | 28 Mei 2018 | 15:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemilihan Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran Minke di film Bumi Manusia, yang diangkat dari buku berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer menuai pro dan kontra.

Pro dan kontra itu terlihat di antara kubu pro yang merupakan penggemar Iqbaal Ramadhan dan kubu kontra yang merupakan pecinta karya sastra, yang meragukan kemampuan akting Iqbaal Ramadhan memainkan tokoh Minke yang digambarkan sebagai sosok yang revolusioner dan berani melawan di masanya, di era awal 1900-an. 

Pro dan kontra itu semakin memanas sampai munculnya petisi menolak Iqbaal Ramadhan sebagai Minke. Petisi yang diunggah di situs Change.org itu berjudul "TOLAK IQBAL RAMADHAN (Dilan) MEMERANKAN MINKE DALAM FILM BUMI MANUSIA". 

Petisi tersebut dibuat Ady Gilang yang ditujukan untuk Falcon Pictures yang menjadi rumah produksi film Bumi Manusia

"Kami tidak ada rasa membenci atau tidak suka kepada sosok Iqbaal. Kami menolak Iqbaal memerankan Minke karena kami tidak melihat aura sosok Minke ada padanya. Iqbal sudah menjadi sosok yang begitu pas untuk menjadi Dilan, dan identitas itu sungguh melekat tak bisa dipisahkan," tulis si pembuat dalam situs change.org. 

Lebih lanjut, si pembuat petisi menyampaikan jika dirinya hanya tidak ingin sosok Minke disamakan dengan sosok Dilan, peran yang sebelumnya juga diperankan Iqbaal di Dilan 1990

"Kami tidak mau, apabila Dilan akan disamakan dengan Minke hanya untuk mendobrak jumalah penonton. Kami tidak mau, Bumi Manusia hanya akan menampilkan kisah cinta Minke-Annelis saja. Harapan, imajinasi,dan kecintaan kami kepada Bumi Manusia sudah sangat kuat, sangat dalam, jangan rusak itu semua hanya demi pundi-pundi," tutupnya. 

Sejak dibuat, petisi tersebut telah mengumpulkan hampir dari 250 tanda tangan yang menolak Iqbaal Ramadhan memerankan Minke. 

(nda/bin)

Penulis : Nanda Indri Hadiyanti
Editor: Nanda Indri Hadiyanti
Berita Terkait