Emak-emak di Kung Fu Hustle Ini Rupanya Pernah Main Film James Bond

Binsar Hutapea | 30 September 2021 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Masih ingat karakter emak-emak jago kungfu memakai banyak rol rambut dan merokok di film Kung Fu Hustle? Karakter tersebut dimainkan oleh aktris Hong kong, Yuen Qiu. Banyak yang tak tahu kalau ia juga ternyata pernah membintangi film James Bond. 

Yuen Qiu tampil di film James Bond The Man with the Golden Gun yang dirilis pada 1974. Peran Bond saat itu masih disandang aktor Roger Moore. Adapun Yuen Qiu memainkan peran kecil. Dia memerankan keponakan Letnan Hip (diperankan Soon Tek Oh) yang bernama Nara.

Ketika berusia 10 tahun, Yuen Qiu menjadi bagian dari Seven Little Fortunes, grup pertunjukan opera Peking yang terdiri dari siswa terbaik Akademi Drama Tiongkok yang secara khusus dilatih berakrobat dan seni bela diri. Selain Yuen Qiu, grup tersebut juga beranggotakan Jackie Chan dan Sammo Hung. Sayangnya, setelah berkarier menjadi stuntwoman, Yuen Qiu kesulitan menembus dunia hiburan Hong Kong.

Pada tahun 1985, ia menikah dengan direktur seni bela diri Lu Chun Ku dan pensiun dari dunia akting untuk berkonsentrasi merawat kedua anaknya. Meskipun Jackie Chan dan Sammo Hung sempat membujuknya kembali berkarier di layar lebar, ia menolaknya.

Belakangan ia comeback dengan cara yang tak terduga Pada tahun 2003, Yuen Qiu menemani dua temannya audisi untuk film Kung Fu Hustle. Kehadirannya menarik perhatian Stephen Chow yang bertindak sebagai produser, sutradara, sekaligus pemeran utama film tersebut. Stephen tertarik setelah melihat Yuen Qiu merokok di sudut ruangan dengan "ekspresi menghina" di wajahnya.

Menurut laporan, Stephen sangat ingin Yuen Qiu tampil di Kung Fu Hustle sehingga dia pergi ke rumahnya untuk mencoba meyakinkannya. Dia sedang merokok dan bermain mahjong ketika Stephen datang. Ia berkata dengan tidak sabar kepada Stephen, “Apa yang kamu inginkan? Jangan ganggu saya bermain mahjong.” Alih-alih tersinggung, Stephen malah makin ingin dia tampil di Kung Fu Hustle.

Belakangan Yuen Qiu menerima permintaan Stephen. Peran itu membuat dia menyabet penghargaan sebagau Aktris Pendukung Terbaiknya di Golden Horse Awards 2005. Setelah Kung Fu Hustle, karier Yuen Qiu yang semula redup menjadi berkibar.

 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait