Anak-anak Nyanyi Berbadan Dua, KPI Peringatkan Program Global TV Ini

Panditio Rayendra | 15 Agustus 2017 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SEBUAH program tayangan Global TV mendapat peringatan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) Pusat karena menampilkan materi yang dianggap tidak pantas.

Ini dijelaskan dalam surat edaran KPI bernomor 442/K/KPI/31.2/08/2017.

Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis, Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) menilai 1001 Kisah: Sahabatku Semangka Ajaib yang ditayangkan Global TV pada tanggal 25 Juli 2017 pukul 08.08 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak dan penggolongan program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

1001 Kisah: Sahabatku Semangka Ajaib  menayangkan adegan sekumpulan anak-anak yang menari dan bernyanyi lagu dengan lirik waktu tamasya ke binaria, pulang-pulang ku berbadan dua. Meski tanpa restu orangtua sayang, aku rela abang bawa pulang.

KPI Pusat menilai muatan lagu dan lirik yang tidak sesuai dan memberi pengaruh buruk terhadap khalayak yang menonton, khususnya anak-anak dan remaja. Hal ini berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang perlindungan anak dan larangan program siaran klasifikasi R menampilkan materi yang mengganggu perkembangan kesehatan fisik dan psikis remaja.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberi peringatan terhadap program 1001 Kisah: Sahabatku Semangka Ajaib.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait