Puncak Acara Indonesian Television Awards 2017 Digelar Pada 20 September

Abdul Rahman Syaukani | 18 Agustus 2017 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang pemberian penghargaan untuk program dan insan televisi tanah air, Indonesian Television Awards (ITA), akan kembali digelar di tahun ini.

Pada penyelenggaraan sebelumnya tahun 2016 lalu, acara ini mendapat pujian dan apresiasi dari sejumlah pihak.

"Saat ini Indonesian Television Awards memasuki tahun kedua dan menjadi kebanggaan dari kita bersama," ungkap Dini Putri selaku Project Leader ITA, dalam jumpa pers di Hard Rock Cafe, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (18/8).

"Tahun lalu Indonesia Television Awards mendapat sambutan luar biasa dari berbagai pihak," imbuh Dini Putri.

Ajang pemberian penghargaan ITA 2017 tidak hanya memperhatikan rating program televisi. Namun juga lebih melihat dari tingkat keterkenalan atau popuaritas program dan orang yang terlibat di dalamnya.

"Kami tidak berbasis pada rating, tapi popularitas program tersebut atau popularitas individu di program televisi," ucap Dini Putri lagi.

Untuk memastikan sebuah program dan talent televisi populer, pihak ITA 2017 menggandeng lembaga riset Roy Morgan Research dan melakukan survei secara langsung kepada para penonton televisi di 17 Provinsi dan 23 kota besar di Indonesia.

"Kami bangga ikut terlibat dalam ajang ini. Kami mensurvei program apa yang paling dia sukai dan yang pertama disebut itu kami anggap yang paling disukai," ungkap Ira Soekirman selaku direktur Roy Morgan Resarch.

Dari hasil survei itulah maka pihak penyelenggara ITA 2017 kemudian merumuskan dan mengklasifikasikannya menjadi 13 kategori nominasi.

Untuk menunjang independensi pemenang pada tiap nominasi, penyelenggara ITA 2017 juga menggandeng lembaga Profetic untuk memastikan akurasi penghitungan para pemenang. Para pemenang dari masing- masing kategori ditentukan melalui hasil voting via media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

Menurut Iwan Setiawan selaku CEO Provetik Indonesia, pihaknya akan menyaring voting- voting untuk memastikan hal itu dilakukan oleh akun asli, bukan robot atau mesin. Dan voting hanya bisa dilakukan satu kali untuk masing- masing akun medsos.

"Kami menyaring voting- voting yang masuk. Jangan sampai ada mesin robot. Salah satunya dengan membuat batasan minimal 50 follower dan akun Instagram itu dibuat sebelum 1 Agustus," kata Iwan Setiawan.

Puncak ajang Indonesian Television Awards 2017 akan digelar pada 20 September mendatang di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dan ditayangkan secara langsung oleh RCTI dan MNC TV.

 

 

(man / gur)

 

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait