God Bless Ungkap Rahasia Kuat Manggung di Usia Lanjut

Yohanes Adi Pamungkas | 14 Oktober 2017 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Inggris punya The Rolling Stones yang mampu bertahan hingga lima dekade. Kita tidak kalah. God Bless yang terbentuk pada 1973 hingga kini masih eksis.

Yang membuat kita tambah takjub, Ahmad Albar (vokal, 71), Ian Antono (gitar, 66), Donny Fattah (bas, 68), Abadi Soesman (kibor, 68), dan Fajar Satriatama (dram, 46), masih energik tampil di atas panggung besar dengan durasi waktu hampir 90 menit, membawakan lebih dari 10 lagu. Apa rahasianya?

God Bless menjadi salah satu pengisi acara yang paling dinanti dalam perhelatan JogjaROCKarta International Rock Music Festival 2017, Jumat (29/9) lalu, di Stadion Kridosono, Yogyakarta. Acara yang dipromotori Rajawali Indonesia Communication seharusnya diselenggarakan di pelataran Candi Prambanan.

Akan tetapi sehari sebelum acara pihak promotor memindahkan venue ke Stadion Kridosono karena ada penolakan dari Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI). Mereka khawatir getaran musik rok dapat merusak struktur stupa yang ada di Candi Prambanan. Impian menyaksikan pergelaran musik dengan latar candi pun pupus.

Sekitar 30 menit sebelum God Bless naik panggung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (48) datang bersama sang istri Siti Atikoh Suryani, anak, dan keponakannya. Kehadiran Ganjar yang tepat waktu tampaknya supaya bisa mencari posisi yang nyaman untuk menonton salah satu grup rok favoritnya.
“Saya datang ke sini untuk menyaksikan pertunjukan musik rok dan God Bless salah satu musisi yang saya hormati,” ungkap Ganjar kepada Bintang. Usai tampil membawakan 12 lagu di hadapan 10 ribu penonton, Ahmad Albar atau akrab disapa Iyek mengaku takjub dengan antusiasme publik Kota Gudeg.

Menurut Iyek, God Bless sudah terbiasa tampil di panggung besar dengan waktu cukup panjang. Terkadang bisa sampai 2 jam. Hebatnya, semua personel grup yang berdiri sejak 1973 ini dalam kondisi prima.

“Selain doa, kami menjalankan pola hidup sehat seperti makan, istirahat teratur. Pokoknya harus selalu bersyukur,” bilang ayah Fachri Albar ini. 

Iyek misalnya, selalu menjaga stamina dengan olahraga renang. Meski sudah berolahraga, Iyek tetap saja merasakan kelelahan saat berada di atas panggung.

“Yang namanya ngos-ngosan di atas panggung itu wajar apalagi saya sudah tua. Biasanya saya minta nadanya diturunkan sedikit, jadi saat menyanyi tidak terlalu tinggi,” bebernya.

Iyek tidak tahu sampai kapan berkarier bersama God Bless. Iyek mengatakan usia uzur tidak berpengaruh terhadap semangat masing-masing personel untuk terus bermusik.

“Kami mau terus bermain musik selama masih kuat,” kata suami dari Dewi Sri Astuti ini.

Disinggung soal statusnya yang baru dikaruniai putri cantik bernama Malayeka Shezan Albar yang kini berusia 6 bulan, Iyek enggan berkomentar. Kabarnya Iyek membantu sang istri mengurus buah hati mereka dengan mengganti popok dan membuat susu bayi.

“Saya buru-buru nanti kita mengobrol lagi, ya,” pungkas Iyek sambil berlalu pergi.

 

(han / gur)

 

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait