Tembus 2 Juta Penonton, Film Susah Sinyal Diangkat ke Novel

Abdul Rahman Syaukani | 10 Januari 2018 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hubungan antara buku dan film memang tak bisa dipisahkan begitu saja. Meski medium keduanya tentu saja berbeda, tapi keduanya bisa saling berhubungan. Salah satu contohnya, film- film banyak diadaptasi dari sebuah buku best seller.

Namun kejadian unik justru terjadi dalam film Susah Sinyal. Bukannya film itu yamg diangkat dari buku, film karya Ernest Prakasa yang justru menginspirasi hadirnya sebuah novel yang ditulis oleh Ika Natassa. Susah Sinyal kini sudah menembus lebih dari 2 juta penonton.

"Film original story. Artinya memang bukan diangkat dari novel. Aku sempat ngobrol sama Ika, minta masukan dari Ika sebagai penulis. 'Eh menurut lo gimana kalau film ini skenarionya kita adaptisakan ke dalam sebuah novelm'. Terus Ika bilang, 'boleh, sini gua aja yang bikin'," cerita Ernest Prakasa, di bilangan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Ernest Prakasa menegaskan film Susah Sinyal dan novelnya berbeda. Salah satunya dalam novel bisa lebih leluasa diceritakan sejumlah karakter guna membangun suasana dan runutnya cerita bagi pembaca.

"Kalau ada yang tanya, apa sih bedanya jalan cerita di novel dan film. Kalau dari gue sih sebagai film maker itu kita bikin film itu suka ada keterbatasan durasi. Ada nbeberapa hal di film tidak bisa dijelaskan karena terlalu banyak durasi. Ada beberapa hal yang tidak bisa diceritakan di film, hal itu kami buat lebih detail (di novel). Seperti misalnya hubungan Ellen dengan papanya Kiara, mantan suaminya, itu kan tidak diceritakan seperti apa di film, terus hubungan Ellen dan alm," paparnya.

Ika Natassa selaku penulis novel Susah Sinyal mengatakan film Susah Sinyal dan novelnya sengaja dibuat berbeda. Karena apa yang lucu di film tak sepenuhnya bagus ketika diadaptasi ke dalam sebuah buku novel.

"Cerita dari orang terus aku kembangin itu challange nya, ini pengalaman baru. Aku tanya sama Ernest, boleh gak kembangin ini? Selama penulisan hanya kordinasi via WA dan email," ungkap Ika Natassa.

(man/ari)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait