Bidadari Takut Jatuh Cinta dan 2 Program Ini Disemprit KPI, Apa Pelanggarannya?

Panditio Rayendra Selasa, 20 Januari 2015 14:02:49

TABLOIDBINTANG.COM - KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menemukan pelanggaran pada tiga program.

Pada tanggal 19 Januari 2015, KPI menjatuhkan peringatan dan teguran tertulis terhadap tiga program. KPI menganggap ada pelanggaran yang dilakukan tiga program tersebut. Apa saja program yang disemprit dan peraturan yang dilanggar?

(ray/yb)

BIDADARI TAKUT JATUH CINTA

BIDADARI TAKUT JATUH CINTA

Sinetron garapan Amanah Surga Productions ini mendapat Peringatan dari KPI. Pada episode yang tayang 8 Januari 2015 pukul 17.10 WIB, KPI menemukan beberapa pelanggaran.
Program tersebut menayangkan adegan seorang pria yang kepalanya dikompres dengan kain yang telah direndam dengan air panas, kemudian air panas itu disiramkan ke kepala pria tersebut.

Selain itu, terdapat murid berseragam sekolah yang mengenakan rok di atas lutut. KPI Pusat menilai adegan menyiramkan air panas ke kepala tersebut sangat berbahaya jika ditiru oleh anak-anak dan remaja, serta tampilan rok di atas lutut tidak sesuai dengan cara berpakaian yang berlaku di lingkungan pendidikan.

KPI mengingatkan, program sinetron dengan klasifikasi R harus mengandung muatan, gaya pencitraan dan tampilan yang sesuai dengan perkembangan psikologis remaja dan harus berisikan nilai-nilai pendidikan dan ilmu pengetahuan, nilai-nilai sosial/budaya serta budi pekerti.

Namun dalam catatan kami, program ini telah berhenti tayang sejak 16 Januari (tanpa ending).

DUO PEDANG

DUO PEDANG

Program baru Global TV yang dipandu Nassar dan Saipul Jamil ini diberi Teguran Tertulis oleh KPI. Pelanggaran ditemukan pada tayangan 6 Januari 2015 pukul 11.37 WIB. Duo Pedang menampilkan Limbad memecahkan balon menggunakan besi dalam keadaan mata tertutup. 

Selain itu terdapat adegan Limbad menggigit besi hingga terputus serta juga membengkokkan besi menggunakan leher. KPI menilai adegan tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kengerian pada masyarakat. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak-anak dan remaja, penggolongan program siaran serta ketentuan jam tayang.

KPI kembali mengingatkan, jika ingin menayangkan adegan tersebut wajib untuk mematuhi ketentuan jam tayang dewasa, yakni pukul 22.00-03.00 WIB dengan tidak ekstrim.

PESBUKERS

PESBUKERS

Program lawak andalan ANTV ini kembali mendapat Peringatan dari KPI. Pada episode yang tayang 6 Januari 2015 pukul 15.48 WIB, terlihat ada dua orang pria yang sengaja menyalakan petasan untuk membangunkan Artis Ruben Onsu yang sedang tertidur di sofa. KPI Pusat menilai adegan tersebut sangat berbahaya jika ditiru oleh anak-anak dan remaja.

KPI mengingatkan agar program tidak menampilkan adegan-adegan berbahaya yang rentan ditiru anak-anak dan remaja.

Penulis Panditio Rayendra
Editor Suyanto Soemohardjo
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.