Sinopsis Mia Ikan Mas MNCTV, Dibintangi Masayu Anastasia, Lian Firman dan Dede Sunandar

Panditio Rayendra | 17 April 2017 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SINETRON Mia Ikan Mas tayang di MNCTV mulai Senin, 17 April 2017.

Sinetron bergenre fantasi anak ini dibintangi Lian Firman, Masayu Anastasia dan Dede Sunandar.

Berikut sinopsis sinetron Mia Ikan Mas.

Mia (8 tahun) tinggal bersama Dimas, ayahnya yang adalah seorang pengusaha kaya di kampungnya. Suatu hari, Dimas yang baru pulang dari luar kota membawa Vera janda yang mempunyai 2 anak, Selly dan Bimbim, dan mengatakan ke Mia kalau Vera adalah mama barunya. Awalnya Mia tak menerima kehadiran Vera, tapi Mia yang merindukan sosok ibu akhirnya bisa menerima juga.

Tak ada yang tahu kalau sebenarnya Mia ini adalah jelmaan ikan selain Dimas. Dulunya, Dimas menikah dengan Putri yang adalah puteri dari Raja Ikan. Karena Putri melanggar aturan telah menikah dengan manusia, maka keturunannya Putri akan langsung menjadi ikan, kecuali ia rela menjadi penggantinya. 

Ketika Putri mengandung dan melahirkan Mia, Putri lebih memilih mengorbankan dirinya dan kembali jadi ikan agar Mia bisa hidup sebagai manusia. Putri juga meminta Dimas untuk mengatakan kalau dirinya sudah meninggal ketika melahirkan Mia. Putri tidak ingin Mia mengetahui kalau ibunya adalah seekor ikan. Sedangkan Mia sendiri tidak menyadari kalau dirinya itu adalah anak ikan karena belum ada tanda-tanda apa pun. Hanya Dimas yang kerap kali menjauhkan Mia dari memakan ikan karena ketika Mia makan ikan, Mia akan gatal-gatal seperti terkena alergi.

Kekuatan Mia akan muncul sepenuhnya, saat dia berumur 9 tahun nanti. Badannya akan tumbuh sisik emas dan akan mumpuni dengan kekuatannya, yaitu kekuatan hewan yang berhubungan dengan air. Tapi sekarang Mia merasakan keanehan-keanehan yang berhubungan dengan air. 

Misalkan saja ketika dia hampir kecelakaan motor, tiba-tiba saja ada air dari sungai yang membentuk seperti tembok dan menyelamatkannya. Mia juga samar-samar bisa mendengar suara ikan berbicara padanya. Bahkan, Mia sempat bermimpi tentang seekor ikan yang berubah jadi manusia.

Sementara Raja Ikan yang sangat disiplin menjaga peraturan kerajaannya, tetap melarang Putri untuk bertemu dengan Mia, apapun alasannya. Putri pun tak bisa pergi dari negeri ikan. Adik dari Raja Ikan yang jahat, akhirnya pun tahu ketika batu penjaga di kerajaannya menyala. Ia berpikir pasti ada hubungannya dengan sosok di bumi. Dan benar saja, ketika ia melihat dari sebuah kotak yang biasa dilihat Putri, ia menemukan Mia terlihat di sana. Ia pun berniat mengirim bawahannya untuk menyelidiki. 

Putri yang tahu Mia dalam bahaya lebih maju selangkah untuk mengirimkan pengawal bernama Tomo, agar menjaga Mia

Adik raja ikan tak tinggal diam karena ia ingin mencelakai Mia, karena di dalam tubuh Mia terkandung Mutiara Kerajaan Ikan yang mengandung kekuatan jahat (Mutiara ini akan muncul dalam suatu kondisi setelah Mia berumur 9 tahun nanti). Paman Ikan memang ingin sekali jadi Raja Ikan, yaitu kakaknya sendiri. Tapi Raja Ikan terlalu kuat untuk dikalahkan Paman Ikan. Karena itu, ia ingin memiliki Mutiara yang ada di Mia agar bisa menguasai negeri ikan.

Di kehidupan Mia, seringkali Mia dijahili Selly dan Bimbim, anak-anak Vera. Itu semua karena Selly dan Bimbim merasa Vera dan Dimas lebih sayang ke Mia dibandingkan mereka.

Mia juga punya sahabat bernama Rendy yang mempunyai toko ikan dengan ayahnya, menolong Mia. Lama kelamaan Mia dan Rendy pun jadi sahabat dekat dan saling menolong, bahkan di pelajaran sekolah pun mereka saling menolong. Suatu saat Paman ikan mengirim anak buahnya untuk mencelakakan Mia. Mengetahui hal itu, Putri pun mengirimkan Tomo, pemuda pengawal Kerajaan Ikan yang kocak, buat mengawal Mia dan mejaga Mia. 

Seringkali Tomo berlaku konyol, karena selama ini dia belum pernah ke dunia manusia. Sementara itu Vera pun semakin ingin cepat-cepat mencelakai Dimas, karena berharap dapat harta warisannya, namun selalu saja gagal karena beberapa kali ditolong oleh Tomo.

Namun suatu hari, ketika Mia berumur 9 tahun, Mia terkejut karena bisa berubah jadi ikan mas tepat di hari ulang tahunnya dan juga saat bulan purnama. Mia pun akhirnya bertemu dengan Putri. Mia harus merahasiakan dirinya adalah anak seekor ikan dari siapa pun dan menjauhi beberapa pantangan kalau tidak Mia akan berubah jadi ikan selamanya.

Mia Ikan Mas tayang setiap hari pukul 19.30 WIB.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait