[RESENSI FILM] Get Out, Kejutan Istimewa Film Thriller Anti Rasisme

Andira Putri | 31 Maret 2017 | 21:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hollywood memang penuh kejutan. Di awal tahun 2017 ini, film Get Out berhasil mencengangkan publik lewat prestasinya. Get Out mampu mencetak box office sebanyak 156 juta Dollar (sekitar 2 triliun Rupiah) di seluruh dunia. Padahal budget produksi film ini hanya 4.5 juta Dollar (sekitar 59 juta Rupiah). 

Selain hasil box office yang mengkilap, Get Out juga mendapat pujian kritikus. Melihat pencapaiannya, sebuah pertanyaan muncul. Memang apa istimewanya Get Out?

Chris (Daniel Kaluuya) adalah seorang fotografer berkulit hitam. Chris berpacaran dengan Rose (Allison Williams) selama lima bulan dan hendak bertemu orangtua pacarnya. Namun, Chris merasa bimbang karena Rose lahir dari keluarga kulit putih. Chris takut bila orangtua Rose tidak suka melihat laki-laki kulit hitam seperti dirinya. Rose coba menepis kekhawatiran Chris.

"Apakah warna kulit penting?...Ayah saya akan memilih Obama sebagai presiden untuk ketiga kalinya jika memungkinkan," tutur Rose menenangkan Chris. Perkataan Rose terbukti. Kedua orangtuanya, Dean dan Missy serta kakaknya, Jeremy menyukai Chris. Mereka menyambutnya dengan ramah. Sayang, suasana hangat tidak berlangsung lama. Deretan kejadian aneh muncul saat kerabat keluarga Rose menghadiri acara tahunan di rumahnya.

Ini ditambah dengan gelagat penjaga rumah yang janggal. Para penjaga rumah juga berkulit hitam, tetapi Chris merasa perlakuan mereka asing. Apa yang sebenarnya terjadi di rumah keluarga Rose?

Sebagai film thriller, Get Out mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Sutradara sekaligus penulis Jordan Peele mampu menghadirkan cerita segar dan penuh twist. Anda diajak bertanya-tanya tentang ada apa di balik rumah keluarga Rose. Ketegangan Get Out kemudian terjaga sepanjang film berkat sinematografi baik. Tengok bagaimana kamera kerap bergerak pelan di sebagian besar adegan. Tidak ketinggalan, tata musik menghentak yang muncul tiba-tiba. Semuanya sanggup membuat Anda deg-degan sepanjang film. Jajaran pemain film Get Out juga menunjukkan penampilan pas tanpa terasa berlebihan.

Daniel Kaluuya tampil natural sekaligus ekspresif sebagai pemeran utama. Mudah bagi penonton bersimpati dengan karakter Chris. Aksi Chris terasa kontras dengan para penghuni rumah Rose. Mereka bertingkah laku dingin dan kaku, sehingga memberikan suasana mencekam.

Get Out memang sukses memberikan sajian thriller menegangkan. Namun, masih ada satu elemen lagi yang membuat Get Out istimewa dibandingkan film-film lain. Tema rasisme terhadap kaum kulit hitam ditampilkan secara gamblang. Film ini memberikan gambaran nyata tentang kehidupan kaum kulit hitam di zaman modern. Berbagai sindiran dan celetukan terasa pas sasaran meski diselipi unsur humor. Miris namun efektif membuat Anda merenung setelah menonton Get Out. Keren! 

(dira/yb)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait