20 Aplikasi yang Bikin Baterai HP Cepat Habis

Supriyanto | 3 Februari 2023 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak dipungkiri, zaman sekarang kebutuhan dasar manusia tak hanya sandang, pangan dan papan saja. Smartphone atau ponsel cerdas menjadi kebutuhan pokok orang dewasa untuk menjalani kegiatan.

Handphone (HP) pun jadi salah satu barang penting di kehidupan sekarang. Sayangnya, alat komunikasi tersebut memiliki kelemahan pada baterai yang sering boros.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan baterai HP cepat boros, salah satunya penggunaan HP yang berlebihan.

Berbeda dengan iPhone, pengguna Android dirasa lebih menguntungkan karena bisa mengunduh banyak aplikasi. Tapi jangan salah,  justru banyak aplikasi malah bisa membuat baterai HP jadi cepat lebih boros karena ‘memakan’ daya terlalu besar.

Untuk mengetahuinya bisa melihat di menu Settings> Battery dan menghapus aplikasi yang menurutmu terlalu banyak menghabiskan daya baterai.

pCloud menganalisis 100 aplikasi paling populer dan dari hasil riset tersebut menyimpulkan ada beberapa aplikasi yang menghabiskan baterai ponsel paling banyak. Aplikasi seperti Instagram dan WhatsApp termasuk jadi penyebab borosnya baterai HP.

pCloud menganalisisnya dari tiga hal, yakni aplikasi yang digunakan setiap aplikasi, seperti lokasi atau kamera, baterai yang digunakan aplikasi ini, dan apakah tersedia dark mode.

Dengan menggabungkan hasil dari ketiga faktor ini, mereka dapat menyimpulkan 100 aplikasi populer yang paling "membunuh" baterai HP.

Rata-rata aplikasi seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Youtube, WhatsApp, dan Linkedin memungkinkan 11 fitur tambahan yang beroperasi di background, seperti foto, wifi, lokasi, dan mikrofon. Semua ini memakan lebih banyak daya untuk bekerja dan pada akhirnya menyedot daya baterai lebih banyak.

Berikut 20 aplikasi yang bikin biros baterai HP dikutip dari laporan pCloud:

1. Fitbit
2. Verizon
3. Uber
4. Skype
5. Facebook
6. Airbnb
7. Bigo Live
8. Instagram
9. Tinder
10. Bumble
11. Snapchat
12. WhatsApp
13. Zoom
14. YouTube
15. Booking.com
16. Amazon
17. Telegram
18. Grindr
19. Likke
20. LinkedIn

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait