Komitmen Ivan Gunawan Usai Sukses Menggelar Miss Mega Bintang Indonesia 2023

Indra Kurniawan | 10 Juni 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Malam puncak Grand Final Miss Mega Bintang Indonesia 2023 yang dihelat di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada Kamis (8/6) berlangsung sukses. Ritassya Wellgreat berhasil menyabet gelar juara Miss Mega Bintang Indonesia 2023 usai menyingkirkan 4 pesaing lainnya di babak lima besar.

Tampil memukau dalam beberapa sesi dari babak karantina hingga grand final, gadis asal Palembang diumumkan sebagai juara 1 Miss Mega Bintang Indonesia 2023 dan mengantarnya menjadi perwakilan Indonesia di perhelatan Miss Grand International 2023 yang akan berlangsung di Vietnam pada Oktober 2023 mendatang. 

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan YME karena terpilih sebagai pemenang Miss Mega Bintang Indonesia 2023. Tentunya saya sangat berterima kasih kepada mentor saya, kak Ivan Gunawan, yang telah memberikan saya kesempatan dan  pengalaman yang tidak akan saya lupakan selama masa karantina hingga malam final," ujar Ritassya Wellgreat.

"Karena beliau juga, saya berkesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang kompetisi Miss Grand International 2023 nanti," sambungnya.

Sebagai pemenang, Ritassya Wellgreat berhak mengenakan mahkota Golder Crown Miss Grand Indonesia 2023 yang sebelumnya milik Andina Julie. Sementara untuk 4 runner up yakni Chesy Anribka, Vanessa Hatter, Valerie Avril dan Sahida Sheik diberikan mahkota dengan nama Golden Shine yang dibuat oleh YT Gold.

Empat Runner Up akan dikirim Ivan Gunawan ke kontes kecantikan internasional. (Dok.Miss Mega Bintang Indonesia)

Selain mengirim Ritassya ke ajang Miss Grand International 2023, Ivan Gunawan juga berencana mengirimkan 4 Runner Up dan juga Top 10 ke ajang bergengsi tingkat dunia lainnya. 

"Buat saya semua adalah pemenang. Tidak cuma juara 1 yang akan saya kirim ke ajang Miss Grand International 2023, tapi 4 Runner Up juga lainnya akan dikirim ke ajang kecantikan kelas dunia. Bahkan ada wacana, top 10 akan berangkat juga menuju kompetisi internasional lainnya," komitmen Ivan Gunawan.

Yayasan Dunia Mega Bintang yang menaungi Miss Mega Bintang Indonesia memiliki 5 lisensi internasional, dimana top 5 akan berangkat ke kompetisi internasional, yaitu Miss Grand International 2023 yang akan berlangsung di Vietnam, Miss Face of Humanity 2023 di Mexico, Reina Hispanoamericana 2023 di Bolivia, World Top Model 2023 di Monaco, dan Miss Eco International 2024 di Mesir.

Miss Mega Bintang Indonesia 2023 sendiri adalah edisi pertama dari kontes kecantikan Miss Mega Bintang Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Dunia Mega Bintang di bawah naungan Ivan Gunawan. Sebagai Founder dari Yayasan Dunia Mega Bintang, Ivan Gunawan yang memilih langsung para kontestan yang telah melalui proses audisi sejak 23 Desember 2022.

"Saya mencari dan menemukan sosok wanita Indonesia yang mempunyai potensi di bidangnya masing-masing untuk berprestasi dan membawa nama Indonesia di ajang kecantikan Internasional yang nantinya akan bekerja sama dengan Yayasan Dunia Mega Bintang untuk menjalankan tugasnya sebagai pemenang," jelas Ivan.

"Pemenang dipilih  berdasarkan penilaian dari awal mereka terpilih menjadi finalis hingga menuju final. Juri bayangan ada dimana-mana dalam menilai kepribadian, kebersihan, dan kemampuan bekerja sama dengan banyak orang,” lanjutnya.

Ajang pemilihan Miss Mega Bintang Indonesia 2023 berlangsung sejak 28 Mei sampai 8 Juni 2023. Pada edisi perdana ini, ajang pemilihan Miss Mega Bintang Indonesia 2023 melibatkan 20 finalis yang berasal dari berbagai daerah di tanah air. Acara ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Miss Mega Bintang Indonesia.

"Konsep acaranya benar-benar istimewa. Saya memberikan warna baru di dunia pageant Indonesia dengan kemasan modern dan kekinian dengan mengedepankan sisi entertainment, beauty, dan education," klaim Ivan.

Dalam malam final, para finalis yang berhasil melenggang ke babak 10 besar mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan brief speech mengenai diri mereka. Selain itu, para finalis juga menyuguhkan penampilan yang cantik dan anggun dalam balutan evening gown  yang dirancang oleh Ivan Gunawan dengan atmosfer Anggrek Sorume khas Kolaka Timur, dengan tema Woman Empowerment.

Ivan Gunawan, sukses menyelenggarakan Miss Mega Bintang Indonesia 2023. (Dok.Miss Mega Bintang Indonesia)

Memasuki babak akhir untuk menentukan pemenang Miss Mega Bintang Indonesia 2023, jajaran 5 besar dihadapkan dengan sesi tanya jawab. Para finalis mendapatkan pertanyaan yang berbeda dari lima publik figur Tanah Air, mulai dari Desy Ratnasari, Rossa, Raffi Ahmad, Deris Nagara, hingga Bunda Corla.

Dalam kesempatan itu, Yayasan Dunia Mega Bintang juga memberikan apresiasi kepada orang-orang hebat yang berada di balik layar dengan memberikan penghargaan Best Designer dan Best Team. Mereka antara lain Valerie Avril sebagai Miss Glowing Skin By MS Glow, Vania Kwan (Best in Social Media), Vania Agustina (Best in Sportswear),  Chesy Anribka (Best in Evening Gown), Linda Mulia (Best Designer), dan Tim Vanessa Hatter (Best Team).

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait