Baru Mulai Kebiasaan Gowes di Era New Normal? Ternyata Ini 5 Manfaatnya!

Romauli Minggu, 12 Juli 2020 00:37:47
Gowes atau bersepeda kini menjadi tren di era new normal.

TABLOIDBINTANG.COM - Gowes atau bersepeda kini menjadi tren di era new normal. Bersepeda ramai digandrungi masyarakat termasuk para selebritas. Olahraga ini memberikan banyak manfaat di tengah pandemi saat ini, tubuh menjadi fit dan bugar.

Tak sedikit diantara mereka yang melanjutkan hobi ini karena semakin ramai rekan yang bersepeda atau baru mulai kebiasaan gowes karena mengetahui manfaatnya. Apa saja manfaat bersepeda terhadap kesehatan, berikut diantaranya.

Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah
Bersepeda dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini sangat besar manfaatnya karena jika kadar lemak darah tinggi, tubuh Anda bisa mengalami penebalan dinding arteri pada jantung dan berpotensi terkena serangan jantung atau stroke. Sebuah studi di Denmark menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

Menjaga keseimbangan dan koordinasi otot tubuh
Dengan bersepeda, Anda mencegah bagian-bagian tubuh mengalami patah tulang ketika jatuh. Tapi perlu diingat ya, aktivitas bersepeda bukan secara langsung membantu mencegah osteoporosis. Aktivitas ini sebatas bentuk latihan ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Mengurangi risiko kanker
Aktivitas bersepeda yang didukung pola makan teratur berdampak mengurangi risiko kanker usus dan payudara. Namun, menurut sebuah studi, hal ini bisa efektif asalkan aktivitas bersepeda tidak terlalu lama. Paling tidak, tidak lebih dari 3 jam karena hal ini bisa menyebabkan para pesepeda laki-laki berpotensi risiko terkena kanker prostat.

Say No to Diabetes
Diabetes bisa muncul akibat kurangnya aktivitas fisik. Oleh karena itu, bersepeda merupakan salah satu cara yang dapat Anda pilih untuk mengurangi risiko penyakit ini. Orang-orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2, menurut sebuah studi terhadap lansia berusia 50-65 tahun di Denmark.

Mengendalikan berat badan
Menjaga berat badan ideal adalah bagian dari menjaga pola hidup sehat. Upaya ini bisa ditempuh dengan bersepeda karena bersepeda dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membantu tubuh Anda untuk mengatur pengeluaran energi lebih besar daripada asupan energi yang masuk, karena aktivitas bersepeda bisa membakar kalori.

Melepas stres
Bersepeda, termasuk aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Dengan bersepeda pula, tubuh gencar memproduksi hormon endorfin. Hormon ini dapat membawa dan memicu reaksi positif dalam pikiran dan tubuh sehingga dapat mengurangi stres. Endorfin juga dapat membantu seseorang untuk melawan penyakit mental seperti Alzheimer.

Seru dan banyak manfaatnya, ya? Nah, buat kamu yang mau gowes tapi masih belum punya sepeda favorit, coba cek di ruparupa. Keep gowes, keep healthy! Kelar sepedaan, kita lanjut beresin rumah menggunakan troli agar pekerjaan kamu lebih mudah dan cepat selesai. Semangat gowes.

Penulis Romauli
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.