Hipertensi, Penyakit Kronik yang Tidak Bisa Disembuhkan

Redaksi | 7 Mei 2021 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seseorang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, upaya yang harus dilakukan adalah mengontrol tekanan darah. Masyarakat diimbau melakukan cek tekanan darah di fasilitas kesehatan terdekat.

Untuk pasien yang sudah hipertensi diharapkan segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan dan upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mengontrol hipertensi.

''Kalau sudah mendapatkan obat dan sudah tahu tekanan darahnya harus diturunkan berapa, maka selanjutnya minum obat terus walaupun tekanan darahnya sudah mencapai target," kata Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA.

Hipertensi adalah penyakit kronik yang tidak bisa disembuhkan. Jadi kalau seseorang tekanan darahnya sudah mencapai target bukan berarti sembuh, tapi terkontrol. Kalau sudah terkontrol, diharapkan penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal, risikonya akan menurun.

''Kalau kita bisa mengontrol tekanan darah maka risiko untuk terjadinya stroke dan kematian akibat stroke akan turun 30 sampai 40%,'' ucap Erwinanto lagi.

Upaya pemerintah mengelola hipertensi di masyarakat dengan promosi kesehatan, deteksi dini, dan penanganan kasus. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dr. Cut Putri Arainie mengatakan yang paling penting adalah mencegah dari faktor risiko.

''Begitu ada faktor risiko segera ubah perilaku, karena kalau sudah ada penyakit tidak menular termasuk hipertensi itu hanya bisa dikontrol sepanjang usia, sepanjang itu juga dia harus patuh minum obat sesuai anjuran dokter,'' kata dr. Cut.

Sumber: kemkes.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait