Lelah Menghadapi Perilaku Gaslighting Dari Pasangan, Ini Cara Menyudahinya

Vallesca Souisa Senin, 10 Januari 2022 21:00:26
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Belakangan banyak muncul istilah kekinian dalam dunia percintaannya. Selain ghosting an zombie-ing, kini sering kita dengar istilah Gaslighting. Yakni, sikap memanipulasi seseorang, yang melakukan kontrol atas orang lain dalam sebuah hubungan. Sehingga, kita sebagai pasangannya akan merasa bersalah dengan hal yang ia lakukan. Padahal, definitely, bukan salah kita.

Ini termasuk hubungan yang “toxic” atau tidak sehat. Termasuk salah satu bentuk pelecehan dari segi mental dan emosional, yang terasa melelahkan bila terus dijalani dalam jangka waktu panjang. Sebaiknya, sih, disudahi sejak dini. Bagaimana menyudahinya? Ya, tentunya kamu harus jujur pada diri sendiri dulu, dan berani untuk berkata “tidak”, keluar dari hubuangan tersebut. Percaya, bahwa kamu berharga dan berhak mendapat perlakukan baik. Ini dia beberapa cara untuk menghindari perilaku gaslighting.

Mencari Dukungan

Mencari dukungan dan bantuan dari orang terdekat ataupun bantuan professional, seperti psikolog dan psikiater sangat penting dilakukan agar kamu dapat memiliki pandangan lain untuk keluar dari situasi gaslighting tersebut. Biasanya orang yang sudah lama menjalin hubungan asmara, ia pasti masih memandang bahwa perilaku gaslinghting dari hubungannya hal yang wajar, padahal itu hanyalah kata-kata untuk menenangkan diri sendiri, karena biasanya mereka takut untuk mengakhiri hubungan dengan pasangannya.
Dari dukungan dan bantuan orang lain, kamu akan merasakan bahwa banyak yang sayang dengan kamu, lalu dari pandangan lain juga kamu dapat meluruskan pikiran kamu bahwa perilaku gaslighting merupakan hal yang tidah baik dan tidak wajar.

Kenali dan Menghargai Diri Sendiri

Cara selanjutnya adalah mengenal diri sendiri, Sebab, dengan mengenal diri sendiri dan emosi, kamu dapat mengontrol sikap dan ego kamu saat kamu dimanipulasi oleh pasanganmu. Dari mengenal diri kamu sendiri, kamu tidak akan mudah dengan cepat pikiranmu bahwa kamu kurang baik terhadap pasangan dan menyalahkan diri sendiri. Sebab, di dalam diri kita sudah tertanam validasi dari diri kamu sendiri dan juga jangan mengorbankan perasaan kamu demi orang yang sudah menyakiti mu, utamakan pikiran dan kesadaranmu.

Berani Mengungkapkan Apa yang Kamu Rasakan

Speak up tentang apa yang kamu rasakan dan pikirkan bukanlah menjadi salah satu hal yang menakutkan. Dengan speak up perasaan yang kamu rasakan, dapat membangun self-esteem agar tidak dapat direndahkan oleh pasangan dan bisa mencegah perilaku gaslighting dalam hubungan asmara. Speak up juga dapat membantu orang diluar sana yang mungkin merasakan hal yang sama dengan kamu, tidak akan merasa sendiri dan mempunyai kekuatan lebih pada dirinya untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore