Tak Ada Manusia Sempurna, Ini 4 Langkah untuk Memaafkan Diri Sendiri

Vallesca Souisa Sabtu, 4 Juni 2022 21:00:29
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - “Memaafkan” mudah mengucapkannya, tapi sulit untuk benar-benar melakukannya. Kalau memaafkan orang lain dengan tulus saja susah-susah gampang, apalagi memaafkan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri seringkali lebih sulit. Butuh waktu dan bertahap. Ini dia 5 langkah yang mungkin bisa membantu Anda untuk bisa memaafkan diri sendiri, apapun alasannya.

• Ingat, Bahwa Tak Ada yang Sempurna di Dunia Ini

Seringkali kita lupa, bahwa sesungguhnya nggak ada satupun manusia yang sempurna. Selalu ada kekurangan, disamping kelebihan. Jadi, melakukan kesalahan itu adalah hal yang wajar. Tapi, entah mengapa, manusia cenderung terlalu keras pada dirinya sendiri, dibandingkan dengan orang lain. Maka dari itu, mulailah sadari, bahwa kesalahan itu wajar. Yang penting kita belajar dari kesalahan itu.

• Minimalisir Pikiran Negatif

Pola pikir negatif memang agak-agak sulit dihindari, terutama Ketika kita sudah merasa bersalah pada diri sendiri. Tapi hati-hati, sadari bahwa pikiran negative akan menghambat kita untuk melangkah maju. Jadi mulailah melawan pikiran negative.

• Belajar Untuk Ikhlas

Mengikhlaskan sesuatu mungkin menjadi hal yang terberat. Tapi inilah salah satu cara agar sedikit beban kita terangkat, dan kita bisa memaafkan diri kita sendiri. Belajarlah menerima kesalahan yang kita buat dengan ikhlas.

• Fokus Perbaiki Diri

Alih-alih menyiksa diri dengan bayang-bayang kesalahan di masa lalu, dan menghukum diri sendiri, ada baiknya kita berfokus untuk memperbaiki diri. Minta maaflah pada dirimu sendiri, lalu perbaiki perlahan-lahan apa yang menjadi kesalahan diri di masa lalu. Ciptakan versi yang lebih baik dari dirimu.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore