Ini Pesan Ahli Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax

Romauli Gultom | 20 November 2017 | 01:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di era digital saat ini, masyarakat perlu lebih bijak dan cerdas dalam memilah setiap informasi yang diterima lewat sosial media. Jangan sampai menerima begitu saja dan ternyata itu hoax alias berita palsu.

Sebagai bentuk edukasi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menggelar seminar media dengan tema “Science Communication: Membangun Masyarakat Indonesia Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” di Jakarta, pekan lalu.

Edukasi ini ditujukan untuk mendidik publik dan membudidayakan riset di masyarakat guna membentuk bangsa yang peduli dengan pengetahuan dan teknologi.

“Indonesia merupakan negara yang besar. Memiliki sumber daya alam yang sangat berpotensi, sehingga kita juga harus menjadi bangsa yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan begitu, kita tidak akan mudah tertipu dengan hal-hal yang tidak masuk akal,” ujar Ali Gufron Mukti selaku Direktur Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI.

Tidak dipungkiri, banyak masyarakat yang cenderung memercayai hoax atau hal yang tak rasional.

Sebagai contoh ada banyak masyarakat yang masih memberikan berbagai pandangan miring tentang nuklir sebagai suatu bentuk ketakutan atas sesuatu yang tidak diketahui.

“Perkembangan sains memang sangat cepat, tapi manusianya yang belum berkembang," pungkasnya. 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait