Menikmati Kuliner Tradisional Hingga Pameran Busana Daerah di Mal

Romauli Gultom Senin, 25 Maret 2019 07:09:58
Sejumlah mal yang menyebar di 35 kota besar di Indonesia menghadirkan kegiatan yang menampilkan kekayaaan dan keragaman budaya Indonesia yang berlangsung 4 - 30 Maret 2019. 

TABLOIDBINTANG.COM - Mengisi liburan atau akhir pekan biasanya setiap keluarga banyak yang menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan atau mal. Tak hanya untuk belanja, kini mal juga ambil bagian untuk mengedukasi masyarakat salah satunya mengenal kekayaan budaya Indonesia.

Hal itulah yang dilakukan Lippo Malls Indonesia dalam rangka perayaan ‘3 DEKADE’. Sejumlah mal yang menyebar di 35 kota besar di Indonesia menghadirkan kegiatan yang menampilkan kekayaaan dan keragaman budaya Indonesia yang berlangsung 4 - 30 Maret 2019. 

Masing-masing mal menampilkan kekayaan budaya dari daerah masing-masing di mana mal tersebut berada yang meliputi kekayaan alat musik tradisional, tarian tradisional, kuliner tradisional, kain tradisional, hingga pameran busana daerah. 

Mal yang berlokasi di wilayah DKI Jakarta sendiri seperti Gajah Mada Plaza, Pluit Village, Pejaten Village, Plaza Semanggi, Lippo Mall Puri, Lippo Mall Kemang, Lippo Plaza Kramat Jati, Cibubur Junction, dan Tamini Square mengangkat tema "Betawi Rame-Rame".

Kegiatan tersebut didominasi dengan fashion show busana tradisional hingga busana pengantin Betawi, musik Betawi seperti Gambang Kromong dan Tanjidor, hingga upacara tradisi pernikahan Betawi, Ondel-Ondel juga Lenong Bocah. 

Tak ketinggalan ada beragam kuliner khas betawi mulai dari dodol Betawi, ketoprak, kerak telur, hingga asinan Betawi yang bisa menjadi pilihan dan menampilkan kembali resep warisan kuliner khas Indonesia. 

Beragam lomba juga disiapkan untuk pengunjung Lippo Malls seperti lomba menghias Ondel-Ondel, lomba tari Betawi kreasi, lomba pantun dan palang pintu, lomba hias dodol Betawi, lomba makan Soto Betawi terpedas, dan lainnya. Untuk memberikan pengetahuan tentang budaya Betawi, terdapat beragam pameran budaya seperti pameran kain dan tenun Betawi.

Tidak hanya di wilayah DKI Jakarta, Lippo Malls yang berada di wilayah lain juga mengadakan berbagai acara, kompetisi dan pameran kekayaan budaya menarik lainnya. Seperti di wilayah Sumatera Utara mengusung tema ‘Sumut Heritage’, wilayah Jawa Timur tema ‘The Rise of East Java Treasure, wilayah Banten dan Tangerang dengan tema ‘Banten Heritage’, wilayah Bali dan Nusa Tenggara Timur dengan tema ‘Eastphoria’, wilayah Sulawesi dengan tema ‘Semarak 3 Dekade’, wilayah Sumatera Selatan dengan tema ‘Musilicious’, wilayah Jawa Tengah dengan tema ‘Urbanation’, dan wilayah Depok, Bekasi, dan Cikarang dengan tema ‘Exotic Mixing Culture’.

"Dalam perayaan 3 dekade Lippo Malls, kami ingin menampilkan kembali budaya masing-masing daerah di mana mal kami berada. Hal ini didasari atas keinginan untuk melestarikan budaya Indonesia dengan mengajak para pengunjung menikmati kekayaan budaya Indonesia khususnya generasi muda untuk tetap mengagumi dan melestarikan kekayaan serta tradisi-tradisi yang ada," ujar Lilies Surjono selaku Head of Marketing Lippo Malls Indonesia.

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.