Dukung UMKM, BI Gelar Pameran Produk Bali Nusra

Romauli Gultom Kamis, 25 Maret 2021 00:00:07
Dukung UMKM, BI Gelar Pameran Produk Bali Nusra

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk mendukung karya UMKM, rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 kembali digelar pada Rabu (24/3).

Mengusung tema Eksotisme Lombok, dua acara digelar dalam Pembukaan Pagelaran Karya Kreatif "Pesona Lombok Mendunia" secara virtual dan Pameran Produk UMKM Unggulan BaliNusra secara hybrid di Mal Grand Indonesia, Jakarta.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan Pagelaran Karya Kreatif "Pesona Lombok Mendunia" akan semakin meningkatkan rasa bangga pada produk Indonesia dan membawa wastra (kain tradisional) Nusa Tenggara Barat semakin terkenal secara luas hingga mancanegara.

“Kami berharap acara ini dapat memberikan inspirasi bagi para pengrajin dan penggiat UMKM untuk melakukan inovasi dan mendorong kreativitas agar menciptakan nilai tambah wastra nusantara baik dalam bentuk fashion maupun bentuk-bentuk kerajinan lain yang tidak hanya artistik tetapi juga memiliki daya pakai yang tinggi,” ujar Destry Damayanti.

Ia menambahkan, kemampuan UMKM untuk terus berkarya di tengah berbagai tantangan seperti pandemi saat ini membuktikan daya tahan UMKM yang tinggi. Bank Indonesia terus mendorong penciptaan nilai tambah UMKM khususnya kain tradisional sehingga dapat mengikuti tren pasar dalam dan luar negeri serta mampu menambah daya saing dan meraih peluang ekspor.

Kegiatan Pagelaran Karya Kreatif "Pesona Lombok Mendunia" merupakan hasil kolaborasi antara UMKM Binaan BI di Nusa Tenggara Barat dengan desainer terkemuka tanah air, yaitu Wignyo Rahadi dengan tenun Pringgasela karya Klaster Tenun Pringgasela, Linda Hamidy Grander dengan kain tenun Maringkik karya kelompok Bunga Maringkik, Ferry Koencoro dengan kain tenun Sukarara karya Galang Songket, Maisy dengan kain tenun Kembang Kerang karya Nyalakok Tenun, dan Danny dengan tenun ikat Tangke Bunga Sumbawa karya Tenun Karya Mandiri Moyo Mekar.

Pameran Produk UMKM Unggulan BaliNusra diselenggarakan secara hybrid (offline dan online). Pameran offline digelar di Mal Grand Indonesia, Fountain Atrium - West Mall Lt.3A, Jakarta, mulai tanggal 24-28 Maret 2021. Pameran ini menampilkan 20 UMKM unggulan terkurasi yang teridiri 10 UMKM pengrajin kain, 6 UMKM kopi dan teh dan 4 UMKM kriya.

Pameran akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti membatasi jumlah pengunjung pada area, menjaga jarak antar pengunjung serta penerapan atribut kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

Dalam pameran tersebut turut hadir aktris dan musisi Titi Radjo Padmaja yang tampil cantik menggunakan kain tradisional khas NTB dan aksesoris mutiara dari Lombok.


loading...
Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.