Sakitnya Tuh di Sini (Bebas Pilih Bagian Mana yang Ditunjuk)

Suyanto Soemohardjo | 23 Oktober 2014 | 12:34 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sakitnya Tuh di Sini yang dinyanyikan Cita Citata kembali menjadi lagu dangdut yang popularitasnya lintas genre. Mereka yang senang mengaku bukan penikmat dangdut pun mendendangkan dengan enteng. Atau mengutip frasa "sakitnya tuh di sini" saat ngetweet, bikin status, atau menemukan momen yang tepat untuk meneriakkan lirik lagu itu.

Popularitas sebuah lagu kadang terjadi dengan cara tak biasa, bahkan sulit diduga. Tidak melewati perjalanan standar: "dirilis, preskon, bikin gosip rekayasa, promosi gencar, lalu ngetop". Banyak lagu menjadi populer justru bukan dengan cara ini. Lagu Alamat Palsu-nya Ayu Ting Ting, misalnya. Jarak antara rilis dan saat lagu itu populer lumayan jauh. 

Ada banyak versi kenapa Alamat Palsu populer belakangan. Ada yang bilang karena Olga atau Sule sering mendendangkan saat muncul di TV. Cara melantunkan yang berbeda dengan gaya penyanyi aslinya, justru membuat lagu ini menemukan daya tarik. Berkat Alamat Palsu Ayu Ting Ting masuk ke deretan pedangdut laris. 

Atau lagu Keong Racun yang lumayan populer beberapa waktu lalu. Lagu ini jadi populer setelah Sinta dan Jojo yang bukan penyanyi, lipsync lalu mengunggahnya ke YouTube. Gayanya yang asyik disukai pengunjung Youtube, mendongkrak popularitas Keong Racun, juga membuat Sinta dan Jojo ikut terkenal.

Ada juga lagu dangdut yang menjadi populer karena liriknya bisa mewakili suasana hati yang mendengar. Masih ingat lirik "bang sms siapa ini bang?" Lagu SMS yang dinyanyikan Ria Amelia ini sempat sangat populer. Setelah tanpa sengaja mendengar lagu ini, beberapa wanita merasa menemukan strategi bertanya pada pasangan dengan cara yang jenaka. Ketika tanpa sengaja menemukan SMS mencurigakan di HP suaminya, istri seorang presenter terkenal suka mendendangkan lagu ini, bang sms siapa ini bang.... Dan, efektif membuat sang suami merasa bersalah.

Popularitas Sakitnya Tuh di Sini sepertinya juga terjadi dengan cara tak biasa. Wartawan situs ini pernah menulis tentang satu karakter di sinetron Diam-diam Suka (SCTV) yang ikut memopulerkan lagu ini. Tokoh Naomi alias Nomnom Gowes (diperankan Audi Marissa) yang berprofesi sebagai penyanyi dangdut, diceritakan senang mendendangkan lagu ini lengkap dengan goyang khasnya yang disebut goyang dumang. Penggemar sinetron ini rupanya suka dengan gaya Audi Marissa dan goyang dumang-nya. (Yuk, Belajar Goyang Duyung Mangap Ala Nomnom Gowes-Sakitnya Tuh Di Sini)

Di YouTube video lagu Sakitnya Tuh di Sini versi penyanyi aslinya maupun versi Nomnom Gowes alias Audi Marissa sama-sama menarik dengan view jutaan kali dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Seperti dulu terjadi pada Ayu Ting Ting, popularitas Cita Citata pun melejit bersama lagu yang didendangkan. 

Selain karena enak didendangkan, tampaknya lagu Sakitnya Tuh di Sini sekaligus bisa menjadi medium untuk meluapkan emosi. Kapan saja merasa sakit, sakit hati atau sakit kaki, kini kita bisa teriak sakitnya tuh di sini. Teriaknya boleh sesuka hati tanpa harus mengikuti melodi lagunya, juga bebas memilih bagian tubuh mana yang ditunjuk. Tak harus dada, tapi bisa kepala, perut, kaki, terserah mana saja. Sakitnya tuh di sini....

(yb)

Penulis : Suyanto Soemohardjo
Editor: Suyanto Soemohardjo
Berita Terkait