3 Tipe Orang yang Memiliki Kecenderungan Bunuh Diri

aura.co.id | 1 November 2020 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bagaimana sebetulnya ciri-ciri orang yang memiliki kecenderungan bunuh diri? Bisakah kita mengenalinya dan melakukan antisipasi sedini mungkin?

Psikolog klinis dewasa dari Pusat Informasi dan Konsultasi Tiga Generasi, Anna Margaretha Dauhan, menyebutkan bahwa menurut Alex Lickerman  (2010), kecenderungan untuk perilaku bunuh diri biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami:

1. Gangguan Depresi

Depresi dapat menjadi sebab utama mengapa seseorang akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. "Perasaan tidak berdaya, tidak ada harapan, tidak berarti dan kesedihan yang mendalam biasanya menjadi tanda dari gangguan depresi ini, dan mendorong adanya keinginan untuk bunuh diri," papar Anna.

2. Gangguan Psikotik

Gangguan psikotik atau gangguan jiwa dapat menjadi sebab seseorang melakukan bunuh diri. Halusinasi yang dialami oleh penderita gangguan mental psikotik terkadang berupa suara-suara yang memberi perintah untuk bunuh diri.

3. Impulsif

"Pada beberapa kejadian, pada waktu seseorang sedang mabuk berat atau berada di bawah pengaruh obat-obatan terlarang,  terdapat dorongan impulsif untuk mengakhiri hidupnya. Dorongan ini biasanya mereda pada waktu pengaruh alkohol atau obatan-obatan telah hilang," jelas Anna.

4. Crying for Help

Dorongan atau usaha bunuh diri terkadang bukan berarti bahwa seseorang ingin benar-benar mengakhiri hidupnya, tetapi upaya untuk meminta pertolongan karena merasa tak tahu lagi bagaimana harus mengelola pengalaman yang menyakitkan dalam dirinya.

"Upaya bunuh diri  ini dapat dilakukan karena balas dendam dan bentuk pembalasan terhadap seseorang yang telah menyakiti mereka, ataupun sebagai upaya akhir untuk menghentikan pengalaman menyakitkan yang dialami," tutup Anna. 

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait